Kamis, 05 Mei 2016

BUNKER MERAPI KALIADEM, JEJAK SEJARAHNYA TIDAK ADEM

Bunker Kaliadem merupakan salah satu unggulan spot wisata Merapi. Letaknya di Dusun Kaliadem, berjarak 1-2 km di sebelah Barat Desa Kinahrejo. Tak lengkap ke Merapi tanpa mengunjungi bunker bersejarah ini. 


bunker merapi kaliadem
bunker kaliadem merapi

bunker kaliadem gunung merapi
bunker kaliadem tampak luar
Fungsi bunker adalah sebagai tempat berlindung, bersembunyi dan menyelamatkan diri. Bunker Merapi Kaliadem yang sudah ada sejak zaman Belanda ini sedianya juga dibangun untuk keperluan penyelamatan dari letusan Gunung Berapi. Sayangnya, bunker Kaliadem nggak berfungsi sama sekali saat Gunung Merapi meletus tahun 2006. Dua relawan yang berlindung dari awan panas alias wedus gembel ditemukan tewas di dalam bunker.

Saat piknik ke Merapi, oleh pihak penyelenggara layanan wisata, tentu kita diampirkan ke lokasi penting yang boleh dikata jadi bagian dari sejarah letusan Merapi. Letaknya, sekitar 1 sampai 2 km di Barat Desa Kinahrejo. 

 Saya terkesan dengan bangunan yang tampak kokoh ini. Kita, para wisatawan boleh masuk ke dalam bunker. Di depan bunker terdapat pintu besi yang bisa didorong bila ingin masuk. 

Di dalam Bunker Kaliadem ada satu ruang lapang, mungkin seukuran ruang seminar kecil. Bentuknya setengah lingkaran, Di sana-sini tampak bekas lahar yang sudah menjadi batu. Tidak ada penerangan uuntuk bunker ini kecuali sedikit cahaya.


Ingin tahu di mana dua orang tewas dalam bunker? Yakni dalam sebuah toilet sempit

Kendati kisah-kisah tentang Bunker Kaliadem cukup mengharubiru, namun jangan lupa, pemandangan di sekitar bunker sangat istimewa. Lebih-lebih bila cuaca terang, kita bisa melihat awan berarakan di langit. Di kejauhan Merapi berdiri kokoh.

Oh ya, di sekitar sini beberapa warung menjajakan jajanan dan minuman khas merapi. Jangan lewatkan ya.


BAGAIMANA CARA MENUJU BUNKER KALIADEM? 


Dari Yogyakarta ke Kaliadem dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, dalam waktu ± 1 jam perjalanan hingga ke gerbang masuk Desa Kinahrejo. Perjalanan dilanjutkan dengan sewa ojek, motor trail, atau jeep. Baik trail maupun jeep juga menyediakan sopir andal. LIHAT DI SINI
bunker kaliadem merapi yogyakarta
situasi di dalam bunker kaliadem, merapi
bunker kaliadem wisata merapi
depan pintu masuk bunker kaliadem merapi
bunker kaliadem merapi
mulut bunker kaliadem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar