Selasa, 03 Mei 2016

PANTAI BARON, WISATA GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

Pantai Baron di Gunung Kidul daya tariknya,antara lain terletak pada keunikan lokasinya yang menyerupai teluk, diapit oleh dua bukit hijau. Di sini terdapat pula pertemuan antara air sungai dan air laut sehingga airnya tampak sangat indah.

pantai gunung kidul
sumber foto

Pantai Baron memang tidak sepopuler Pantai Indrayani. Namun sebabnya tak lain untuk menuju lokasinya, jalanan cukup curam dan berkelok-kelok meskipun aspalnya cukup mulus. Letak Pantai Baron di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari. Dari pusat kota Wonosari sendiri sejauh 20 km.

Bagaimana asal-usul pantai ini disebut Baron? Ternyata julukan tersebut merupakan nama seorang bangsawan asal Belanda yakni Baron Skeber yang pernah melakukan pendaratan kapal di pantai itu.

Saking terkenalnya kisah ini sampai-sampai dipentaskan melalui kesenian ketoprak yakni Baron SkeberPria Belanda ini, menurut babad Pati mendarat di Pati, Jawa Tengah. Ia berjuluk Raden Baron Skeber. Di Pantai yang disebut Pantai Baron ini, konon bangsawan Belanda tersebut pernah menyimpan senjata-senjatanya.

Meski ombaknya tampak tidak semenonjol Pantai Kuta, namun tetap saja kita harus waspada bila ingin berenang-renang di sini. Kalau ingin menikmati keindahannya, ada kapal yang bisa disewa untuk menyusuri Pantai Baron.

Tak cuma bisa menikmati keindahan pantai, kita juga bisa singgah di atas bukit karang di sebelah timur. Menurut web yogyes.com, kita bisa naik mercusuar tersebut dengan biaya yang relatif murah sebagai ongkos perawatan tangga.

Masih menurut website yogyes, menara putih tersebut baru dibangun Februari 2014 dan didirikan sebagai pengganti mercusuar lama di samping, yang sudah keropos.

sumber foto
sumber foto
sumber foto: https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/beach/baron/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar