Senin, 02 Mei 2016

PESONA KARANG PANTAI INDRAYANTI

Pantai Indrayanti di Gunung Kidul, Yogyakarta menjadi favorit traveller tidak saja karena pasir pantainya yang putih bersih, ombaknya yang bagus, namun juga karena karang-karangnya yang oke, cocok dibuat selfie-selfie. Ini pantai, gua-gua karangnya tinggi-tinggi, lebih tinggi dari tinggi orang dewasa.

gua karang di pantai indrayanti bagus untuk foto

Karang-karang ini bertonjolan di sana-sini. Warnanya ada yang hitam, coklat, dan kemerahan. Mungkin sudah jutaan tahun silam awal ombak menggerusnya. Sampai sekarang. Bentuk karang yang tidak beraturan inilah kelebihan utamanya menurut saya. Bahkan banyak di antara karang-karang yang digerus ombak ini membentuk semacam gua.  

Gua-gua karang ini umumnya nggak bisa kita masuki sampai tubuh kita terbenam di damnya. Namun untuk selfie-selfie, bisalah. Jangan khawatir.

Tapi memang, untuk bisa berfoto di karang-karang ini, waktu yang tepat ketika ombak dalam keadaan surut. Dalam kondisi ini, batu-batu di sekitar karang semakin memamerkan keindahannya.


karang-karang pantai indrayanti alangkah uniknya
pantai gunung kidul yogya
bergaya-gaya di gua karang Pantai Indrayanti
pantai indrayanti Yogyakarta
foto: http://www.pegipegi.com/id/jogja/pantai/pantai_indrayanti/
Pantai yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Gunungkidul ini berdekatan juga dengan obyek wisata lainnya yang ada di daerah tersebut seperti Pantai Baron, Pantai Sundak, Pantai Drini, Pantai Pok Tunggal, dan lain – lain. 

Sebetulnya pemerintah daerah setempat tidak menamai pantai ini dengan sebutan Indrayani. Pantai indah ini namanya adalah Pantai Pulang Syawal. Namun masyarakat senantiasa menyebutnya sebagai Pantai Indrayanti. 

Nama Indrayanti diambil dari sebuah restoran di kawasan tersebut yang memapangkan sebuah papan bertulis "Indrayanti". Singkatnya, nama pantai tersebut diambil dari restoran Indrayanti. 

Pantai yang terletak di sebelah timur Pantai Kukup dan Sundak ini pasirnya putih, airnya jernih dan segar. Ombaknya pun tidak membahayakan bila kita ingin bermain-main di airnya. 

Untuk selfie-selfie pun, banyak tempat yang bagus di lokasi ini. Karang-karang yang menonjol, banyak di antaranya yang membentuk semacam semi gua, bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan piknik kita. 


Yang juga saya suka dari pantai ini adalah hidangan laut yang disajikan oleh warung atau restoran-restoran lokal. Ada ikan cakalang, kepiting, cumi dan lain-lain yang bisa saya dapat dengan harga terjangkau. Sembari makan, kita bisa melihat pantai dan mendengarkan debur ombak. Bila ingin bermalam di sekitar pantai Indrayanti, beberapa penginapan tersedia di dekat pantai dengan harga sekelas hotel melati. 


Petunjuk Arah Pantai Indrayanti
Dari Kota Yogyakarta melewati Wonosari Gunung Kidul. Setelah itu ambil arah Pantai Baron / kukup / Krakal. Setelah melewati TPR ada pertigaan. Yang kanan menuju Pantai Baron, yang kiri menanjak menuju Pantai Sepanjang, Kukup, Krakal. Ambil jalur kiri. 


Sebelum mencapai Indrayanti, Anda melewati banyak pantai: Krukup, Krakal, Sepanjang, Drini, Sadranan, Sundak, lantas menemukan Pantai Indrayanti di sekitar resto-resto pinggir jalan. 


Tiket Masuk Pantai Indrayanti
Biaya untuk masuk kawasan: Rp 10.000 / org dewasa. Untuk Mobil dikenakan tambahan biaya Rp 5.000 /mobil. Jadi anda tidak perlu membayar tiket masuk lagi ketika mengunjungi ke berbagai pantai yang ada di daerah tersebut. 

Namun anda cukup bayar parkir setiap mengunjungi pantai. Biaya Parkir Mobil disini Rp 5.000 musim reguler,  Rp 10.000 musim liburan panjang, sedangkan untuk biaya parkir motor Rp 3.000 musim reguler dan Rp 5.000 untuk musim liburan panjang.



restoran cafe pantai indrayanti yogyakarta
foto: obyekwisataindonesia.com
pantai indrayanti lokasi foto
dokumentasi puspa agro


Tidak ada komentar:

Posting Komentar