Minggu, 05 Juni 2016

BUKIT TELETUBBIES BLITAR, BAGAI BERKELANA DI NEGERI DONGENG

Nggak cuma Bromo yang terkenal dengan bukit Teletubbies-nya. Kabupaten Blitar pun punya spot wisata bernama Bukit Teletubbies. Pemandangannya sangat menakjubkan. Nggak percaya? Lihat foto-fotonya di sini. 

bukit teletubbies blitar
bukit telletubies blitar: lokasi foto
wisata bukit teletubbies blitar
bukit telletubies blitar: lokasi foto
Bukit Teletubbies Blitar itu letaknya di perkebunan Gambar (orang lokal menyebut: "Nggambar"), lereng Gunung Kelud. Nggak jauh dari Candi Penataran dan merupakan pos untuk memantau kondisi Gunung Kelud. Lokasi tepatnya di Desa Sumberasri, kec. Nglegok, Kabupaten Blitar.

Kenapa dinamai Bukit Teletubbies, karena pemandangan di sini mirip-mirip dengan yang ada di film serial anak-anak yang terkenal Teletubbies. Jajaran bukit sulam-menyulam dengan indahnya. Jadi, sesungguhnya spot ini letaknya di atas bukit. Dan sejauh mata memandang ke bawah, ada bukit-bukit indah yang bertonjolan di sana-sini.   

Bukit-bukit tersebut tampak elok bila tanaman-tanaman perkebunan seperti tebu dan cengkeh mulai berbunga dan berdaun lebat menghijau. Ada juga selingan blok-blok dengan warna keputihan yang berasal dari warna bunga yang lagi mekar-mekarnya. Amboiiii. 

Saya dan keluarga menempuh perjalanan dengan motor matic sekitar pukul 10.00 dari Kota Blitar dan sejam sampai di lokasi ini. Hari itu Sabtu dan lumayan banyak motor di parkiran, sedangkan mobil hanya satu, dengan kap terbuka. Sebagai spot wisata baru, Bukit Teletubbies Blitar masih punya kekurangan di sana-sini. Terutama akses jalan yang masih belum mulus untuk sampai ke sini.

Meski mobil bisa sampai ke atas bukit, namun cukup susah mengingat tanjakan dan turunannya cukup tajam dan kalau musim hujan pastilah licin. Namun pihak pengelola menyediakan parkir mobil di bawah dan ke atasnya Anda bisa jalan kaki. Nggak jauh. Atau kalau kesulitan, banyak motor ojek yang mau mengantar sampai ke tempat parkir motor di bagian atas.

Dari tempat parkir, kita masih harus berjalan melewati kios-kios makanan minuman dari bambu, yang disediakan untuk pengunjung. Lantas kita sampai pada anak tangga dan mesti naik untuk melihat keindakan bukit teletubbies. 

wisata blitar teletubbies
bukit telletubies blitar:, banyak lokasi santai

wisata teletubbies blitar
bukit telletubies blitar: lokasi foto

Di atas bukit kita bisa selfie-selfian dengan latar belakang pemandangan yang sangat elok. Dan kalau stamina kita kuat, kita juga bisa jalan-jalan, menjelajah turun dan naik dari satu bukit ke bukit lain ditemani pemandangan ciamik pula.

Untuk berfoto alias selfie alias wefie di Bukit Teletubbies, penyelenggara menyediakan juga sarana gazebo (gratis), balon udara artifisial, maupun rumah pohon. Untuk yang ingin berfoto dengan boneka telletubies, bisa juga. Tinkie Winkie, Dipsi, Lala, Poo, siap menemani. Untuk selfie di balon udara artifiial, dikenakan tarifnya Rp 5000 per orang. Pihak pengelola menyediakan juru potret. Nggak usah diafdruk seperti zaman dulu, hasil potretnya, karena bisa langsung dikirim via ponsel. 

Saat terbaik untuk ke lokasi ini, kata orang desa sini, ya saat matahari terbit atau tenggelam. Pantulan warna-warna bukit konon begitu indah. Dan waktu yang terburuk untuk ke sini adalah saat tebu-tebu habis dipanen. Karena, pastilah kita tidak mendapatkan pemandangan bukit hijau melainkan hitam atau coklat tanah saja. 

Saat saya datang ke bukit Teletubbies Blitar ini, ada satu lokasi yang warnanya coklat. Ini berarti tebu di spot itu sudah panen sedangkan yang baru belum ditumbuhkan. Namun tak mengurangi keindahan lokasi ini secara keseluruhan karena apalah arti satu, dibandingkan ribuan bukit kembang dan bukit hijau.

LOKASI BUKIT TELETUBBIES BLITAR: 
Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar

JALUR / RUTE KE BUKIT TELETUBBIES BLITAR:
Dari kota Blitar: 
Blitar Kota - Tanggung - Dayu - Kedaung - Sumbersari. 

Patung garuda yang sanagt besar harap Anda temukan dulu di Desa Sumbersari. Kita akan disongsong Baliho Besar yang menunjuk arah Wisata Bukit Teletubbies Blitar. Lantas kendaraan kita mencapai jalan yang aspalnya rusak. Lurus saja sampai menemukan gapura pintu masuk Wisata Teletubbies. 

Oh ya, kalau tersesat, tanya saja penduduk dengan kata kunci "Perkebunan Gambar" atau "Tower Perkebunan". Soalnya, seringkali orang masih belum tahu bukit teletubbies karena masih baru sebagai spot wisata. 

TIKET MASUK:
Saya naik motor matic (dua dewasa, satu anak) ditarik Rp 5.000. Di parkiran saya tidak ditarik lagi.

TIPS LAIN: 
  • Kalau membawa anak balita, mohon dijaga dengan baik. Maklum, kontur wilayah ini berbukit-bukit.
  • Jangan nyampah di sini. Bawa pulang sampah Anda agar lingkungan tetap terjaga.
  • Bawalah minuman dan makanan seperlunya bila sudah ada di bukit (gardu pos pantau). Di sini tidak ada penjual makanan. Penjual makanan dan minuman ada di bawah tangga. Malas kan kalau harus turun kemudian naik lagi?
  • Waktu terbaik adalah menjelang matahari terbenam atau saat matahari terbit. Tapi pada siang hari lumayan bagus dilihat (bila tanaman perkebunan belum dipanen).
  • Sayang bila Anda melewatkan lokasi-lokasi wisata lain di dekat wilayah ini seperti: Candi Gambar Wetan (LIHAT LINK INI) dan Candi Penataran.  

LIHAT LINK INI: WISATA RECOMENDED DI SEKITAR BUKIT TELETUBBIES: KELUD ADVENTURE, PENGALAMAN TAK TERLUPAKAN

KAMPUNG COKLAT BLITAR

LIHAT LINK INI: JALAN MISTERI GUNUNG KELUD

LIHAT LINK INI: TREK BUKIT BUNDA, KULINER DI BUKIT KAPUR


wisata teletubbies blitar
bukit telletubies blitar: lokasi foto

bukit teletubbies blitar
bukit telletubies blitar saat siang
wisata bukit teletubbies
bukit telletubies blitar: larangan nyampah di sini
wisata bukit teletubbies blitar
bukit telletubies blitar: salah satu spot cuci mata 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar