Selasa, 07 Juni 2016

NYANYIAN OMBAK DAN KULINER MANTAP PANTAI TAMBAKREJO BLITAR

Benar, Pantai Tambakrejo Blitar selalu ngangeni. Kangen anginnya, kangen deru ombaknya, kangen lihat perahu-perahunya, dan yang pasti, kangen kulinernya yang muantaaaap!

wisata pantai blitar
suatu siang di Pantai Tambakrejo Blitar 
Orang Blitar sangat mengenal Pantai Tambakrejo. Tapi mereka biasanya bilang Tambak. "Ayo ke Tambak", itu artinya ya ke Pantai Tambakrejo, pantai legendaris di mana saban tahun sekali, sejak zaman bahuela sampai kini merupakan pusat larung sesaji.

Pasirnya putih semu coklat susu, memanjang sampai 10 km. Di sisi timur berdiam karang tinggi menjorok, yang memisahkan pantai ini dengan pantai sebelah. Namanya Pantai Gondomayit yang juga sangat elok. (lebih jauh tentang Pantai Gondomayit, klik link ini)
Yang namanya pantai selatan Pulau Jawa, pasti ombaknya besar dan bergulung-gulung. Itu sebabnya banyak penyuka surfing ke sini untuk menjajal ombak. Tempo hari saya bertemu warga Australia yang berusia 60-an, namun masih kuat menjajal ombak di sini. Saking senangnya dengan lingkungan Pantai Tambakrejo, dia bahkan menyewa gubuk kecil tempat peristirahatan. Sehabis berenang dan surfing, dia main gitar dan membaca di gubuknya, dekat warung ikan yang masakannya enak banget. 

wisata pantai blitar
pantai tambakrejo jelang tengah hari
Sebenarnya saya tidak terlalu senang piknik pantai yang dikunjungi banyak orang. Saya senang pantai yang sepi, karena pastinya enak dinikmati dan nggak banyak sampah. Tapi Pantai Tambakrejo yang merupakan pantai favorit bila kita berwisata di Blitar, punya daya tarik mak jleb buat saya. Apa pasal? 

Karena,  
  • Pertama, keindahan airnya yang biru, berpadu dengan pasirnya yang putih benar-benar eksotik.  
  • Kedua, karena di sini juga merupakan tempat nelayan berkegiatan. Sangat asyik berbincang dengan mereka soal keseharian. Maka tidak aneh manakala kita melihat perahu-perahu nelayan nangkring di sekitar pasir. Kita bisa memanfaatkannya untuk selfie-selfie. Atau kita juga bisa melihat pembuatan kapal nelayan di sini.  
  •  Ketiga, tempat pelelangan ikan juga dipusatkan di sini. Maka kita bisa nyangking ikan segar atau ikan bakaran pas kita pulang dari pantai. Harganya murah meriah.  
  • Keempat, wisata kulinernya mak nyus banget. Warung-warung yang menghadap pantai ini menyajikan aneka masakan ala kampung nelayan yang enak.  
  • Kelima, anak saya yang belum genap 6 tahun sangat menikmati bermain air di salah satu sudut aman pantai  ini, yakni di sisi timur dekat perbukitan dimana aliran air pantai membentuk sungai kecil dan bermain di sini sangat aman. Nggak usah takut terbawa ombak pantai selatan yang seringkali ganas.  
  • Keenam, pantai ini bersebelahan dengan pantai lain, yakni Pantai Gondomayit dan cuma dipisahkan oleh gunungan karang yang tinggi dan terjal. Cocok untuk tracking. Jadi, kalau lagi di Pantai Tambakrejo, kita juga bisa berkunjung ke Pantai Gondomayit yang masih sepi wisatawan. 

Pendeknya, saya sangat suka pantai ini dan kalau sedang berkunjung ke Blitar selalu ingat pantai ini meski karena kesibukan seringkali nggak bisa ke sini. 

wisata pantai blitar
pantai tambakrejo : tempat bermain keluarga yang asyik


Harga Persaudaraan
wisata pantai blitar
kuliner ala pantai tambakrejo blitar

Menikmati keindahan Pantai Tambakrejo sebaiknya pada saat-saat matahari terbit ataupun tenggelam, karena akan sangat luar biasa dibandingkan waktu-waktu lain. Namun untuk menikmati masakan-masakan yang ada di sini, sebaiknya ya saat siang. Jenis-jenis masakannya sangat variatif. Mulai dari bakaran ikan, rica-rica, hingga soup kepala, semua disajikan dengan harga persaudaraan. 

Ini harga tahun 2016 ya. Saya, suami, dan anak memesan 3 ikan bakar komplit dengan nasi, sambal, dan lalapan, kelapa muda utuh, es kelapa muda di gelas besar, dan es teh. Yang kami bayar Rp 44 ribu. Kelapa muda utuh yang di sebuah pantai di Banyuwangi saya bayar per bijinya Rp 10.000, di Pantai Tambakrejo hanya Rp 8.000. Demikian juga harga sepiring nasi dengan ikan bakar komplit hanya Rp 8000 - 9000 tergantung jenis dan besar kecilnya ikan. Pokoknya, kuliner di pantai ini tidak bakalan bikin kantong bolong. 


TPI Pantai Tambakrejo Blitar
Jangan lupa singgah di Tempat Pelelangan Ikan Pantai Tambakrejo karena pastinya Anda akan senang di sini, melihat berbagai jenis ikan dipotong, ditimbang, dan dijajakan. TPI ini umumnya menjadi jujukan pengunjung usai mereka puas menjelajah Pantai Tambakrejo. Saya tak lupa membeli ikan bakaran di sini. Untuk satu ikan bakaran utuh berharga Rp 5000. Untuk ikan bakaran potong Rp 2000. Kalau mau beli telur ikan bisa. Satu bungkus (dibungkus daun pisang) seharga Rp. 5000. Kalau mau beli ikan segar pun yang jual berderet-deret. 

wisata pantai blitar
pantai tambakrejo blitar : ikan bakaran, enak dan harga relatif murah


wisata pantai blitar
suasana tempat lelang ikan di pantai tambakrejo

Lokasi 
Pantai Tambakrejo ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 
30 km dari Kota Blitar (ditempuh dalam waktu satu jam)

Rute 
Untuk ke Pantai Tambakrejo, dari Kota Blitar harap menuju ke Selatan, ambil jalur Kademangan dan Tulungagung. Di jembatan dan pertigaan Kademangan terdapat papan petunjuk Pantai Tambakrejo. Ikuti, sampai ke Pantai Tambakrejo. 

Harga Tiket Masuk
Rp 2000 

wisata pantai blitar
pembuatan kapal nelayan di pinggir pantai

wisata pantai blitar
pantai tambakrejo dari balik bukit gondomayit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar