Senin, 06 Februari 2017

Sunyi yang Indah di Pantai Trianggulasi Alas Purwo

Kalau bagimu sepi itu indah dan kamu pengen santai di antara pasir dan debur ombak tanpa ada yang mengganggu, datanglah ke Pantai Trianggulasi yang berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi.  Elok nian dalam kesendiriannya. Bagai "menempuh jalan sunyi".

pantai alas purwo
pantai trianggulasi, alas purwo, banyuwangi

pantai trianggulasi
melukis di pasir pantai trianggulasi
pantai trianggulasi alas purwo
pantai trianggulasi alas purwo
alpha savitri
pantai trianggulasi alas purwo, banyuwangi
Perjalanan dari pusat kota Banyuwangi ke Alas Purwo sendiri jaraknya 63 km. Sampai di Alas Purwo jalanan yang masih dominan batu-batu sedikit memperlama perjalanan, Rumah-rumah yang kami lewati cuma sedikit. Banyak di antaranya memiliki pamerajan (tempat pemujaan agama Hindu) di halamaan rumah.

Dari yang pernah saya baca, penduduk sekitar Alas Purwo merupakan pelarian Majapahit yang nggak mau takluk di bawah penguasa baru. Mereka lari ke Banyuwangi, bahkan sampai ke Bali dan Lombok. Mereka melestarikan tradisi lama yang kemudian bercampur dengan tradisi lokal.

Sebagai obyek wisata yang memiliki banyak spot wisata, Alas Purwo cukup"ramah" buat pengunjung. Di sana-sini ada papan petunjuk jalan sehingga kita nggak mudah tersesat meskipun di hutan yang cukup perawan sebagaimana Alas Purwo ini.

Hari itu Sabtu. Tempat-tempat wisata umumnya banjir wisatawan. Tapi tidak di Alas Purwo. Karena traveller yang datang ke sini adalah traveller dengan minat khusus, mungkin. .

Pantai Trianggulasi adalah pantai terdekat dari Gapura Alas Purwo. Kalau berkendara sampai di pura, berarti kamu sudah dekat dengan pantai ini.

Nggak tampak seorang pun di Pantai Trianggulasi kecuali  rombongan kami. Siang itu serasa Trianggulasi seakan kami miliki sendiri Oh ya, ada juga monyet-monyet di sekitar situ. Cukup jinak.

Kami teriak dan tertawa lepas di sini. Kami bermain ombak di sini. Kami panjatkan syukur, juga di sini.

***
Pantai Trianggulasi, secara administratif berada di bawah naungan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Letak persisnya di Desa Tegaldlimo. Kalau dari pos Rowo Bendo (pos pemberhentian pengunjung) jaraknya cuma 3 km ke arah tenggara.

Kenapa dinamai Trianggulasi? Sebenarnya nama ini berasal dari tugu pemetaan dan pengukuran yang tak jauh dari pantai itu. Hutan pantai ini sangat lebat. Tak heran banyak satwa di sini, termasuk monyet. Binatang-binatang ini selalu menyambut siapa pun tamu yang datang. Namun jangan khawatir karena mereka tidak agresif dan memungut apa saja bawaan kita, seperti pada spot wisata lain.

Pasir pantainya sebenarnya putih dan halus. Namun entahlah, di foto ini tampak coklat. Di kamera yang lain, justru tampak kekuningan. Trianggulasi sebenarnya memiliki formasi hutan yang sangat lengkap, didominasi pohon nyamplung, pandan laut, dan bogem. 

Saking sepinya dan saking kondusifnya lingkungan ini, pada April sampai November, menurut pihak Taman Nasional Alas Purwo, 4 jenis penyu yakni penyu belimbing, sisik, abu-abu, dan hijau mau bertelur di sini. Penyu memang pilih-pilih tempat untuk bertelur. Lingkungan yang sepi sangat disukainya. 

Saya melihat ada semacam pondok wisata di pantai ini yang kotor dan atapnya rusak. Sayang sekali lingkungan sebagus ini harus sedikit dikotori oleh hal itu.

Pantai ini hampir nol sampah buatan manusia macam plastik dan kertas. Kalaupun ada, sampah tersebut berasal dari bungkus-bungkus dupa yang tidak dibawa pulang pemiliknya. Pantai ini memang seringkali dipakai oleh kaum spiritualis untuk berdoa. Padahal harusnya, semua orang jangan meninggalkan apa pun di sini, juga di pantai-pantai lain, kecuali jejak kaki.

RUTE / LOKASI DARI PELABUHAN KETAPANG



RUTE ATAU LOKASI DARI ALUN-ALUN BANYUWANGI ATAU MASJID AGUNG BAITURRAHMAN



pantai trianggulasi
trianggulasi dekat hutan pantai
pantai trianggulasi alas purwo
pantai trianggulasi, alas purwo, banyuwangi
pantai trianggulasi als purwo
pantai trianggulasi, alas purwo, banyuwangi
pantai trianggulasi alas purwo
pantai trianggulasi, alas purwo, banyuwangi
wisata banyuwangi
pantai trianggulasi, alas purwo, banyuwangi



1 komentar: