Minggu, 19 Juni 2016

RANU KLAKAH, DAMAI DI KAKI GUNUNG LEMONGAN

Gunung Lemongan berdiri tegak di sana. Air danau ada di bawahnya.Melihat air keperakan, juga aktivitas petani keramba saat matahari terbit adalah anugerah tak ternilai. Akankah 10 tahun lagi keelokannya masih sama? Atau, sudah pupus karena kehilangan air hari ke hari?   
rute ranu klakah
danau ranu klakah saat matahari terbit

wisata lumajang
ranu klakah lumajang

Ranu Klalah merupakan danau alami terbesar di Jawa Timur. Letaknya di Tegalrandu Kecamatan Klakah, Lumajang, Jawa Timur. Ranu itu artinya danau. Jadi, Ranu Klakah berarti Danau Klakah. Kemolekan dan kesan menentramkan dari danau inilah yang membuat banyak orang tertarik ke sini. Oh ya, Ranu Klakah biasanya merupakan titik tolak para traveller sebelum menuju Ranu Bedali dan Ranu Pakis. Dari Ranu Klakah ke kedua Ranu ini hanya sekitar 15 menit waktu tempuh. Maka jangan lewatkan kedua Ranu ini juga kalau masih ada waktu.

Berkunjung ke ranu-ranu ini cukup pergi ke utara dari Kota Lumajang. Jalannya cukup mulus untuk sampai ke sini. 

Pagi hari adalah saat tepat untuk menikmati danau ini. Saya bersyukur pernah hadir dan menginap di sebuah hotel di dekat Ranu Klakah. Sebelum matahari terbit saya bejalan-jalan menyusuri danau dan tebing-tebing tempat berumah para nelayan.  

Memang, di sekitar kawasan Ranu Klakah juga dibangun fasilitas bagi wisatawan seperti Hotel, Perahu yang dapat disewakan untuk mengelilingi danau, Lapangan tenis, dan taman untuk tempat berkumpul dan menikmati suasana ditempat ini. Di danau betebaran keramba nelayan. Menjelang matahari terbit kulihat beberapa perahu ditengah danau. Sementara di sebuah sisi yang lain dari danau tersebut, anak-anak mandi bergembira. 

Di Ujung gang-gang perkampungan di sekitar Danau Ranu Klakah, para ibu menjual ikan danau dengan harga yang sangat terjangkau.  

Sedikit siang, warung-warung di sekitar danau mulai buka. Warung tersebut khas desa setempat. Sajian ikan danau dapat kita nikmati . Seringkali warung-warung tersebut juga menyajikan pisang agung rebus (pisang lokal) yang nikmat. Atau kalau lagi musim, kita bisa mencicipi buah nangka yang nikmat.

wisata lumajang
ranu klakah lumajang
wisata lumajang
ranu klakah lumajang
wisata lumajang
ranu klakah lumajang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar