Jumat, 10 Juni 2016

PULAU MERAH YANG WOW KEREN

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi sempurna bagi banyak orang. Sempurna bagi para pasangan yang romantis. Sempurna bagi anak-anak dan keluarga, bahkan sempurna bagi para peselancar tingkat pemula untuk latihan. Karena nggak banyak karangnya sebagaimana G-land atau Plengkung di Alas Purwo, yang juga di Banyuwangi. Beberapa kejuaraan selancar tingkat internasional bahkan pernah diselenggarakan di Pulau Merah. 
wisata banyuwangi
bukit segitiga itulah pulau merah
wisata banyuwangi
pasir halus pantai pulau merah
 Saya akui, Pantai Pulau Merah memang indah. Pasir halusnya yang putih berpadu dengan air laut dan langit sangat elok dipandang. Yang paling saya sukai adalah, selain pulau kecil yang dinamai Pulau Merah tersebut, di sekitarnya terdapat karang-karang dan bukit-bukit kecil yang seperti menyembul indah dari dalam air. 
 
Tak hanya itu keindahannya. Nun jauh di sana, saya bisa melihat Gunung Tumpang Pitu yang elok. Paling pas menikamti keindahannya adalah saat matahari hampir tenggelam. Sunset di sini mirip di Kuta, Bali. 

Siang itu, di pantai ini saya melihat 5 anak berselancar (surfing). Selesai berselancar saya tanya, dari mana mereka, ternyata dari Banyuwangi saja. Tentu ini menggembirakan mengingat, dulu, cuma anak yang bermukim di pantai seperti Bali yang handal berselancar karena sering bertemu turis peselancar dan diajari. Kini bahkan anak-anak Banyuwangi pun sudah mampu bercanda dengan ombak.

MITOS DAN ASAL-USUL PULAU MERAH
Saya sebenarnya heran, kenapa lokasi ini dinamai Pantai Pulau Merah. Dulu, namanya Pantai Ringin Pitu karena konon ada pohon beringin berjumlah tujuh. Tapi belakangan  jadi Pantai Pulau Merah. Nama Pulau Merah sendiri menunjuk pada bukit yang bentuknya seperti gunung kecil, menyembul di atas air. Daratan dari bukit ini warnanya semu kemerahan. Konon di Pulau Merah pula terdapat sekumpulan kelelawar berwarna merah yang berdiam di gua. Bila manusia berhasil masuk ke gua ini, dipercaya akan mendapat rezeki melimpah.

Mitos lain adalah paku bumi dari emas yang tertanam di Pulau Merah. Paku bumi inilah yang akhirnya menyebabkan Pulau Merah memiliki kandungan emas. Kebenarannya masih harus dibuktikan lagi.

Kalau pantai lagi surut, kita bisa jalan kaki ke bukit pulau merah. Kalau ingin ke sana pas air pasang, bisa naik perahu nelayan. Kalau hanya ingin bersantai menikmati hembusan angin sambil melihat-lihat pantai, terdapat deretan kursi malas lengkap dengan payung yang menaungi. Anda tinggal membayar Rp 20.000 dan kursi itu bisa Anda nikmati.

Di sekitar Pantai Pulau Merah masih banyak terdapat rerimbunan pohon dan tumbuhan pandan pantai yang besar dan elok. 

Di tempat-tempat tersebut penduduk setempat menawarkan makanan dan minuman untuk pengunjung.Istimewanya, ada pula Pura di sekitar Pulau Merah. Pada saat-saat tertentu umat Hindu melangsungkan ritual mekiyis di sini.


LOKASI PULAU MERAH
Alamat: Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.
Dari pusat Kota Banyuwangi, jarak tempuh sekitar 2,5 jam (80-an km).
Bila naik kendaraan umum, ambil jurusan Pesanggaran. Dari situ naik ojek ke Pulau Merah.
Kalau dari Jember, ambil jurusan terminal Jajag, lanjutkan ke Pesanggaran dan naik ojek ke Pulau Merah.
rute pulau merah
suasana pantai pulau merah yang damai

rute pulau merah


pulau merah (red island)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar