Selasa, 07 Juni 2016

MENDAKI KARANG TERJAL DEMI PANTAI GONDOMAYIT

Namanya serem. Pantai Gondomayit. Tapi moleknya luar biasa. Pasir, karang, ombak dan semuanya paduan yang oke. Dan di atas semua itu, pantai ini belum banyak terjamah. Kabupaten Blitar, Jawa Timur memang cakep!

pantai gondomayit blitar
pantai gondomayit tampak dari atas bukit
pantai gondomayit blitar
pantai gondomayit blitar
pantai gondomayit blitar
jelajah bukit curam menuju lokasi pantai gondomayit
pantai gondomayit blitar
pantai gondomayit tinggal beberapa langkah dari atas bukit
pantai gondomayit blitar
satu dari dua gubug berteduh di bukit gondomayit blitar
Di Blitar Selatan, sebuah bukit membelah pantai. Belahan barat bernama Pantai Tambakrejo. Yang timur bernama Gondomayit (lazim juga disebut Pasetran Gondomayit). Keduanya sama-sama elok. Namun pasir Pantai Tambakrejo tampak lebih kecoklatan, sedangkan Gondomayit pasirnya lebih putih dan halus.

Gondomayit itu artinya bau mayat. Dinamai begini karena dalam sejarahnya, konon di pantai ini pernah banyak ditemukan mayat sehingga berbau.

Sudah lama saya mengenal nama Pantai Gondomayit. Namun belum juga ke sono meskipun berkali-kali ke Pantai Tambakrejo. Pikir saya, pantai Tambakrejo sangat bagus dan enak untuk berwisata kuliner. Sehingga, bukit indah yang tampak menjorok di sebelah timur Pantai Tambakrejo selalu cuma saya pandangi sambil makan ikan bakar dan menghirup udara laut.  

Namun tidak kali itu. Suami ingin ke pantai seberang, yakni Pantai Gondomayit. Akhirnya saya dan anak saya yang masih belum genap 6 tahun ikut. Apa salahnya lihat pantai seberang bukit. Juga, hitung-hitung olahraga juga karena lama nggak olahraga. 

Untuk mencapai bukit itu, kami lebih dulu harus menerabas air yang mengalir di pantai kecil yang mirip sungai. Kami pun mendaki bukit curam itu saat matahari ada di atas ubun-ubun. Saat musim kemarau begini kami nggak perlu harus sangat berhati-hati menjejakkan kaki.

Alang-alang dan rerumputan di sekitar kami tampak kecoklatan karena terus mandi matahari. Putri kami tampak senang diajak mendaki begini. Nggak ada capeknya anak ini. Lihat ibunya sudah ngos-ngosan dia tertawa-tawa).

Seperempat jam kami tiba di sebuah gubug peristirahatan di puncak bukit. Kami beristirahat di situ. Ada beberapa traveller yang juga beristirahat bersama kami. Kata suami saya ini masih setengah perjalanan. Tapi selebihnya jalanan menurun.

Kami turun dan turun. Meski musim panas begini, jalanan turun ternyata nggak mudah juga karena sebagian jalan tidak berbatu melainkan seperti tanah yang licin. Kadang turunan yang sangat curam membuat saya harus duduk untuk menuruninya.  

Sampai akhirnya kami mendengar deru ombak. Dari semak-semak kami bisa melihat bentang pantai yang bagus nian. Pasirnya tampak putih, ombaknya berkejaran di airnya yang tampak biru. Sementara, langit di atasnya sangat cerah. Sungguh karunia luar biasa. Perjalanan setengah jam sangat tidak sia-sia. Capek jadi hilang. Kami pun mempercepat langkah agar lekas sampai.

Pantai ini luar biasa indahnya. Dan yang paling saya suka, meski ini Sabtu, yang berkunjung cuma beberapa. Mungkin karena aksesnya sulit, orang jadi ogah ke sini. Hanya orang-orang tertentu saja, yang niat, yang akan sampai ke sini.

Kali itu saya tidak melihat penjual makanan dan minuman di sini. Maka kalau mau ke Pantai Gondomayit, siapkan perbekalan kalau tak inngin kehausan dan kelaparan. Oh ya, karang-karangnya sangat eksotik. Sebagian membentuk gua-gua cantik.

Sayangnya, pantai indah ini diusili pengunjung. Kulihat ada batu karang yang disemprot warna dan diberi tanda. Mungkin ingin menunjukkan identitas. Juga, meski sepi pengunjung, tetap saja kutemukan 3 sampah botol-botol plastik yang tidak dibawa pulang oleh pengunjung.

Harusnya, para pengunjung menjaga kebersihan pantai ini. Jangan tinggalkan apa pun selain jejak kaki.

Lokasi Pantai Gondomayit 
Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
30 km dari Kota Blitar (ditempuh dalam waktu satu jam)

Rute ke Pantai Gondomayit
Dari Kota Blitar menuju ke Selatan, ambil jalur Kademangan dan Tulungagung. Di jembatan dan pertigaan Kademangan terdapat papan petunjuk Pantai Tambakrejo. Ikuti, sampai ke Pantai Tambakrejo. Lihat bukit di sebelah Timur. Naiklah bukit itu. Di balik bukit terdapat Pantai Gondomayit. Parkir kendaraan Anda di Pantai Tambakrejo dan nikmati wisata kuliner di sini juga.

pantai gondomayit blitar
pantai godomayit sudah dekat. 
pantai gondomayit blitar
karang elok pantai gondomayit
pantai gondomayit blitar
karang elok pantai gondomayit
pantai gondomayit blitar
pantai gondomayit blitar : asyik man pasir
pantai gondomayit blitar
pantai gondomayit blitar : putih halus pasirnya
PANTAI TAMBAKREJO BLITAR (LIHAT LINK INI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar