Kamis, 22 Desember 2016

AROSBAYA, EVOLUSI BUKIT KAPUR JADI CIAMIK

Madura ternyata gudangnya tempat wisata eksotik. Selain Bukit Kapur Jaddih, ada pula Bukit Kapur Arosbaya yang sedang ngetren di antara para traveller. 


wisata madura
bukit kapur eksotik di arosbaya madura



Bukit kapur di Bangkalan Madura ini namanya Arosbaya.  Cantik namanya seindah keelokan tampilannya. Arosbaya sendiri merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bangkalan yang memiliki peninggalan penting, yakni Situs Aer Mata. Situs ini berhubungan dengan sejarah Madura. Dan di Arosbaya pula bukit-bukit kapur yang elok bermukim. Dulunya bukit ini biasa disebut Bukit Pelalangan.

Pada sisi mana keelokannya? Begini ya, pada tubuh bukit kapur ini terdapat sayatan-sayatan yang menyerupai gurat-gurat garis vertikal serupa relief. Sayatan-sayatan ini datang dari alat-alat para penambang kapur yang mengais rezeki di sini. Banyak ruang-ruang penambangan dibukit Arosbaya yang sudah ditinggalkan penambang. Dari waktu ke waktu ruang-ruang yang penuh sayatan ini dimakan usia. Warnanya tidak lagi seputih kapur. Namun ada yang kehijauan, kecoklatan, semu merah dan sebagainya akibat cuaca. Tumbuhan paku juga betah tinggal di beberapa bagian dari kapur-kapur tersebut. Di situlah keindahannya kawan. 

Jadi,warna kapur di Arosbaya ini semu kecoklatan. Lain dengan Bukit Jeddih yang warna kapurnya putih.

Bukit Kapur Arosbaya memiliki lorong-lorong yang kadang membingungkan. Untuk itu hati-hati bila memasuki lorong-lorong tersebut. Ingat baik-baik jalannya agar tidak tersesat. Lorong-lorong ini sebagian besar tidak terang. Untuk masuk ke lorong denga pencahayaan cukup sebaiknya dilakukan di siang hari. 

Hanya saja lokasi ini di Kota Bangkalan Madura yang cuacanya cenderung ekstrim panas jika siang hari. Kalau tidak ingin kepanasan, lakukan kunjungan saat pagi atau sore hari. 


Lokasi dan Rute ke Bukit Arosbaya

Bukit Kapur Arosbaya terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura. Rute untuk sampai ke sini sangat mudah karena letaknya berdekatan dengan situs wisata religi aer mata ibu yang sudah sangat terkenal. Tinggal parkir di lokasi wisata religi ini, lantas jalan kaki ke Bukit Kapur. Warga setempat menyebut Bukit Arosbaya dengan istilah "tambang bedel".

Artikel lain:
Wisata Bukit Jaddih lihat di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar