Jumat, 09 Desember 2016

TARI KECAK ULUWATU, PERTUNJUKAN DI BAWAH LANGIT DEWATA

doyanpiknikbanget.blogspot.com
tari kecak uluwatu dimainkan pada sore hari. Foto: uluwatukecakdance.com
Jadwal Pentas : Setiap Hari (Kecuali Nyepi & Pengerupukan)
Jam Pentas      : 18:00 s/d 19:00 WITA
Durasi               : 60 Menit
Tempat             : Open Air Stage Pura Uluwatu, Bali


Liburan ke Bali tanpa menikmati Tari Kecak sungguh kurang lengkap. Bagaimana pun tontonan budaya ini sungguh luar biasa. Kita bahkan seakan tersihir dengan pertunjukannya mulai menit pertama, sampai menuju puncaknya. Nggak percaya? Buktikan saja.

Beberapa tempat di Bali memang menawarkan suguhan tari kecak. Salah satu yang ngetop adalah Tari Kecak Uluwatu. Pertunjukan di sini menurut saya sungguh istimewa karena lokasinya di kawasan Pura Uluwatu, sebuah kawasan yang disucikan umat Hindu Bali. Konsep panggung terbuka berlatar Belakang alam Uluwatu mendukung pengunjung menikmti tarian.

Jangan heran manakala seusai pertunjukan, ketika bulan dan bintang mulai muncul, kita masih ingin di tempat pertunjukan. Kali ini pertunjukan dipertontonkan alam.

Oh ya, apakah sesungguhnya tari kecak?

Sebagamana kitatahu, Tari kecak yang berasal dari Bali ini, menceritakan kisah Ramayana dan dimainkan, sebagian besar oleh laki-laki. Menurut Wikipedia, dalam sejarahnya, tarian rancak ini berasal dari ritual Sanghyang,  yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat..

Bagaimana tarian ini sampai bisa menarik minat para wisatawan? Adalah Wayan Limbak pada tahun 1930-an yang menciptakan tarian ini berdasarkan tradisi Sanghyang dan bagian-bagian kisah Ramayana. Wayan Limbak bekerjasama dengan Walter Spies, pelukis asal Jerman. Wayan Limbak berkeliling dunia dengan para penari Balinya.

Tarian ini dipertontnkan oleh puluhan lebih penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan "cak" dan mengangkat kedua lengan, Jadi nggak ada musik yang mengiringi. Menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantuRama melawan Rahwana. Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka. Selain para penari itu, ada pula para penari lain yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman dan Sugriwa.

Nama Tari Kecak sendiri diambil kata “cak..cak..cak” yang sering diteriakan para anggota yang mengelilingi para penari, Sehingga tarian ini dikenal dengan nama Tari Kecak.

Awal pertunjukan adalah pembakaran dupa, lalu para pengiring memasuki panggung sambil berteriak cak cak cak dengan rancak, lantas melingkar. Tengah lingkaran dipakai menari.  Kadang-kadang ada juga beberapa adegan lucu yang diperagakan para penarinya. Selain itu beberapa adegan yang atraktif juga ditampilkan seperti permainan api dan atraksi lainnya. hal inilah yang membuat Tari Kecak memiliki kesan sakral namun juga menghibur.

Di Bali sendiri hampir semua daerah memiliki kelompok Tari Kecak sendiri. Dalam perkembangannya, Tari Kecak ini juga mengalami pengembangan, baik dari segi pertunjukan, jumlah penari, cerita dan lakon yang diperankan. Hal ini dilakukan sebagai usaha dari para seniman agar pertunjukan Tari Kecak semakin diminati dan dikenal oleh masyarakat luas.

HARGA PERTUNJUKAN KECAK ULUWATU
Harganya Rp 85.000. Bisa memesan dengan cara online.
konsep panggung yang terbuka memudahkan penonton menikmati pertunjukan di alam Baliyang sakral.
foto: uluwatukecakdance.com

VIDEO TARI KECAK ULUWATU




source: awesome kecak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar