Kamis, 15 Desember 2016

NGE-JEEP DENGAN KELUARGA DI GUNUNG KELUD, ADVENTURE TAK TERLUPAKAN

Tidak hanya Gunung Merapi. Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur pun kini memiliki wisata adventure off-road. Menjajal wisata satu ini, saya dan keluarga sangat menikmati. Kami menelusuri perkebunan Margomulyo yang terletak di lereng Gunung Kelud dengan jeep. Kami menyusuri perbukitan dengan jalanan yang naik turun. Berdebar-debar namun senang. Karena pemandangan begitu indahnya. 


wisata adventure gunung kelud
wisata kelud di perkebunan margomulyo
wisata gunung kelud
dekat rest area I, wisata adventure jeep di gunung kelud 
jeep wisata kelud
rest area II. arena bermain di perkebunan margomulyo gunung kelud
wisata kelud
Rest area II. patung lembu suro di perkebunan margomulyo, gunung kelud
perkebunan margomulyo kediri
rest area II. salah satu sudut di perkebunan margomulyo kediri, lereng gunung kelud

Gunung Kelud yang terletak di antara dua kabupaten, yakni Kediri dan Blitar ini tergolong gunung berapi yang cukup aktif meletus. Terakhir kali menyemburkan lavanya tahun 2013. Tapi jangan karena ini gunung berapi, kita takut untuk ke Kelud menikmati keindahannya. Selama tidak ada peringatan bahaya, datanglah ke sini. Banyak hal yang bisa dilihat, dialami, dan dipelajari dari keindahannya.

Kini Wisata Gunung Kelud terus berbenah. Di antaranya dengan menambah jenis wisata baru, yakni wisata Off Road Gunung Kelud. Ada jeep dan trail yang disewakan. Jadi seperti halnya kita berwisata di Gunung Merapi dengan naik jeep

Saya dan keluarga menjajal wisata off-road Gunung Kelud belum lama ini dan kami puas. Puas dengan apa yang kami lihat, puas dengan layanan operator off-road. Apalagi driver yang bertindak sebagai guide jeep kami sangat berpengalaman menyusuri tanjakan dan turunan. Di samping itu pengetahuannya tentang Gunung Kelud lumayan luas sehingga kami bisa banyak belajar seharian itu.

Wisata ini tergolong baru. Kata brosur yang saya bawa dari base-camp, operator wisata ini berusaha mengenalkan Gunung Kelud lewat wisata off-road yang mendebarkan namun mengasyikkan. Kita diajak berpetualang menyusuri perkebunan dan mengenal obyek wisata lain di sekitar Kelud. Basisnya produk dan  pendidikan.

Di base-camp, kami mendaftarkan diri dalam paket utama seharga Rp 375.000 per mobil. Satu mobil bisa diisi 4 orang. Namun kami hanya bertiga. Total perjalanan, resminya ditempuh selama kurang lebih 2,5 jam. Namun kami menempuh 3 jam-an waktu itu.

taman wisata margomulyo
rest area II. taman agro margomulyo
Dari base-camp, sekitar pukul 10.00, Jeep membawa kami ke Perkebunan Margomulyo, melewati berbagai tanaman khas Gunung Kelud. Di perkebunan Margomulto tersebut nantinya kami melewati banyak tanaman yakni nanas, durian, tebu, sengon, serta jati. Semuanya berjajar rapi di masing-masing zona, khas perkebunan.

Meski masih beberapa menit nge-jeep, kami sudah berdebar jantung karena di tengah perjalanan ada lubang dan mobil jeep harus hati-hati untuk melewati. Banyak tempat di perkebunan ini yang memiliki medan yang mengharuskan jeep untuk berposisi miring dan sebagainya. Benar-benar mendebarkan.

Kami tiba di wilayah yang disebut Rest Area I. Pemandangan demikian indah di sini karena kabut cuma sedikit turun. Warna hijau rerumputan mendominasi. Tidak seperti off road di Gunung Merapi yang sangat berdebu, pucat, dan panas, di sini justru sebaliknya. Angin dingin Gunung Kelud menerpa wajah kami. Sungguh sejuk.

Tidak sabar untuk mengabadikan, baik dalam bentuk video maupun foto. Guide kami kadangkala bertindak sebagai fotografer pula di sini. Hasilnya ciamik juga.

Menurut guide kami, tempat ini masih dalam tahap pembangunan. Kini memang hanya ada rumah panggung besar dan spanduk raksasa yang bisa dimanfaatkan untuk selfie para pengunjung. Namun menikmati pemandangan indah Gunung Kelud dari lokasi lapang ini sungguh luar biasa rasanya.

Lima belas menit kami nikmati pemandangan. Jeep bergerak lagi meninggalkan tempat indah ini. Kembali kami menyusuri lereng Gunung Kelud.

Rest Area II berada di Taman Agro Margomulyo. Di sini, selain bisa menikmati pemandangan, juga dibangun arena bermain, mushala, dan tempat makan. Kami di sini agak lama karena anak kami sangat suka bermain di area bermain. Di bawah patung Lembu Suro yang juga maskot spot wisata ini kami ber wefie. Berpotret bareng. Setelah puas di Taman Agro Margomulyo, jeep kami berangkat lagi.

Setelah perjalanan demikian mendebarkan namun menyenangkan di perkebunan, kami mulai keluar dari perkebunan. Jeep menuju ke wilayah atas. Rest Area III ada di wilayah jalan utama menuju Gunung Kelud. Menurut guide kami, saat ini jalanan menuju puncak Gunung Kelud masih diperbaiki. Nanti bila jalanan sudah baik, jeep malah bisa mendekati puncak.

Rest area III boleh dikata surganya makanan khas. Di sebuah warung kami memesan jus nanas yang khas wilayah ini. Warung-warung rata-rata juga menjual jus yang sama. Harga per gelas plastik jus nanas di lereng Gunung Kelud berkisar Rp 5000 s/d 8000. Oh ya, di sini banyak kios menjual buah nanas. Ada jenis nanas biasa, ada pula nanas madu yang airnya banyak dan sedang in di kalangan pecinta nanas. Di Rest Area III ini kami beristirahat agak lama. Kami banyak mengambil gambar pemandangan sekitar Gunung Kelud sembari berjalan-jalan menikmati udara segar.

Puas di rest area III, kami nge-jeep lagi. Di beberapa tempat yang menurut kami indah, kami berhenti untuk berfoto. Kami juga melewati dan berfoto di jalan misteri Kelud atau jalan gravitasi Kelud. Istilah ilmiahnya Gravity Hill. Jalan misteri Kelud berjarak sekitar 100 meter. Di jalan misteri ini, kendati jalanan tidak miring, kendaraan-kendaraan bergerak sendiri meski tanpa didorong atau diberi daya.


Perjalanan berakhir di base camp dan kami puas. Wisata ini sangat berkesan.

Tarif Paket-paket Wisata Off Road Gunung Kelud

1. Paket Utama:
Base camp - Rest Area I Kelud - Rest Area Taman Agro Margomulyo - Lereng Kelud Jalur Utama atau Zona Produksi
Lama perjalanan 2,5 sd 3 jam
Sewa per jeep (4 orang) dan guide Rp 375.000

2. Paket Rute Tambahan I:
Selain perjalanan dengan rute sesuai paket utama, ditambah perjalanan ke Perkebunan Mgrsepawon. Perkebunan ini bernuansa kolonial. Sangat tepat untuk wisatawan yang menyukai heritage product dan education.
Lama perjalanan 5 jam.
Sewa per jeep (4 orang) dan sopir merangkap guide Rp 575.000

3. Paket Rute Tambahan II
Selain perjalanan dengan rute sesuai paket utama, ditambah perjalanan ke Kampung Anggrek di Lereng Gunung Kelud.
Lama Perjalanan 3 jam.
Sewa per jeep (4 orang) dan sopir merangkap guide Rp 500 ribu.

PETUNJUK ARAH (RUTE) KE GUNUNG KELUD

DARI KOTA MALANG (101 km atau 3 jam)
Dari Alun-alun Kota Malang menuju Kepanjen - Penataran Blitar - Sugih Waras - Gunung Kelud.

Seperti ini peta arah dari Malang ke Gunung Kelud:

peta arah malang ke kelud
peta rute malang ke gunung kelud

DARI KOTA BLITAR (34,4 km atau 1 jam 19 menit)

  • Alun-alun Blitar - ke arah Makam Bung Karno - Penataran - Jl Kediri Kelud - Sugihwaras - Kelud
  • Alun-alun Blitar - Jl Semeru - Jl Merapi - Jl Ciliwung - Jl Bangsri - Jl Mastrip - Jl Patok Selorejo Blitar - Jl Kediri Kelud - Sugihwaras - Gunung Kelud
Seperti ini peta arah dari Blitar menuju Kelud

wisata kelud
peta rute blitar ke gunung kelud


DARI KOTA KEDIRI (43 km atau 1 jam 15 menit)

  • Taman Alun-alun Kota Kediri - Jl Betet Bawang - Jl Kelud / Jl Raya Tawang di Tawang - Sugihwaras - Gunung Kelud
  • Taman Alun-alun Kota Kediri - Jl Sersan Suharmaji - Jl Ngreco - Jl Raya Pagu - Jl Raya Wates Kediri - Jl Raya Kelud Tawang - Sugihwaras - Gunung Kelud 

Seperti ini peta arah dari Kota Kediri menuju Gunung Kelud:

wisata gunung kelud
peta rute Gunung Kelud dari Kediri







wisata kelud
nanas madu oleh-oleh khas wisata gunung kelud

jalan misteri gunung kelud
jalan misteri gunung kelud
jeep wisata kelud wisata adventure kelud
jalan misteri gunung kelud
wisata gunung kelud
salah satu sudut di lereng gunung kelud
jus nanas madu gunung kelud blitar
jus nanas salah satu minuman khas lereng gunung kelud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar