Kamis, 15 Desember 2016

SEPERTI INI, JALAN MISTERI GUNUNG KELUD

Jalan Misteri di Gunung Kelud. Ya, lazim disebut demikian. Bahkan di area jalan misteri tersebut, saya lihat terpampang baliho yang memberikan tajuk seperti itu. Sebenarnya apa itu jalan misteri? 

wisata gunung kelud
inilah jalan misteri gunung kelud

Kalau kita mengunjungi Gunung Kelud, melewati Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, sudah pasti melewati jalan misteri sepanjang 100 meter. Jalan misteri tersebut dicat dengan garis-garis putih. Tepatnya jalan misteri berada di kilometer lima dari pintu gerbang menuju puncak Kelud. 

Sebelum memasuki tanjakan tajam berliku, ada penggalan jalan cukup lebar.Di kanan dan kirinya dibangun dinding pembatas untuk menghindari kendaraan terperosok ke dasar jurang.

Di jalan misteri ini, mata kita melihat jalanan menanjak. Namun kendaraan apa pun, roda dua atau empat, kalau mesinnya dimatikan dan gigi dalam keadaan netral akan berjalan sendiri.

Saya dan keluarga, saat piknik ke Gunung Kelud dan melewati lokasi ini, menyempatkan diri turun dari jeep yang kami sewa. Saat itu Sabtu. Jadi, lumayan banyak wisatawan seperti kami, yang ingin melihat dari dekat jalan misteri. 

Ada pula pasangan anak muda mengendarai motor dan menjajal jalan misteri tersebut. Jalanan tampak naik, mesin dimatikan dan motor tersebut justru turun, Mereka kembali memutar motor dan melakukan hal yang sama untuk jalan yang tampaknya turun namun motor justru naik saat mesin dimatikan.  

Saran saya, kalau lalu lintas lagi ramai, janganlah mencoba jalan misteri tersebut karena lokasinya tidak tersembunyi melainkan akses jalanan umum untuk dilewati berbagai kendaraan. Sehingga akan sangat berbahaya kalau untuk ajang uji coba. 

Di sini ada semacam baliho merah besar yang memperbolehkan jalan ini diakses untuk ujicoba jalan misteri. Kata baliho tersebut: Ingin merasakan sensasi jalan misteri? Caranya, Hentikan mobil di sini. Netralkan pernelling mobil dan tarik hand rem. Pandang jalan di depan yang merupakan jalan menanjak. Biarkan mesin tetap hidup. Persnelling netral. Dan lepaskan hand rem. Selamat mencoba. Hati-hati dengan arus lalu lintas yang ada. 

Kami sebentar saja di sini untuk mengabadikan momen lewat foto. 

Penasaran dengan jalan misteri ini, pulang dari Gunung Kelud saya browsing, benarkan ada fenomena jalan misteri? Bisakah dijelaskan secara ilmiah? 

Dari hasil penelusuran saya di mbah google, ternyata nanyak juga kalangan yang tertarik dengan jalan misteri ini. Hanya saja mereka memiliki pendapat berbeda-beda. Dari kalangan supranatural menganggap fenomena ini erat kaitannya dengan dunia lain. Ada mahluk halus yang menarik. Ada pula yang berpendapat ini karena medan magnit. Ada yang bilang karena gravitasi. 

Pakar Kebumian ITS Ir Amin Widodo MT menyatakan, jalan misteri itu ternyata hanya ilusi. Dasar pertanyaannya adalah penelitian yang pernah dilakukannya. Demikian pula menurut Seno Puji Sarjono, dosen geofisika dan Darminto, dosen fisika. Jalan misteri menuju lokasi wisata Gunung Kelud Kediri tidak mengandung unsur magnet yang bisa membuat kendaran bisa jalan sendiri tanpa dijalankan. "Sekilas memang jalan ini menanjak namun setelah diteliti ternyata menurun dengan kemiringan 5 derajat," ungkap Darminto.

Dengan mengggunakan alat kompas giologo posisi jalan yang selama ini dianggap orang sebagai jalan misteri sepanjang 200 meter itu kondisi jalannya menurun dengan sudut kemiringan 5 derajat hingga mobil atau motor yang berada di jalan tersebut dan bisa berjalan walau tanpa mesin mobil nyala. Dan ketika menggunakan alat magneto meter juga tidak ditemukan unsur magnet yang kuat di sekitar lokasi semuanya normal seperti umumnya.

Terserah, mana pendapat yang Anda pilih sehubungan fenomena jalan misteri ini. Dan ternyata, tak hanya di Gunung Kelud saja adanya seperti ini. Di berbagai belahan dunia pun ada. 

POSTING RECOMENDED LAINNYA
NGE-JEEP ADVENTURE DENGAN KELUARGA, JELAJAH LERENG KELUD

wisata gunung kelud
dekat baliho jalan misteri gunung kelud. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar