Sabtu, 31 Desember 2016

TIPS DAN TATA CARA MENDAKI SEMERU

Semeru itu salah satu gunung impian para pendaki. Ada kebanggaan tersendiri ketika mereka berhasil menaklukkan gunung tertinggi di Pulau Jawa ini. Bila Anda baru pertama kali ke Semeru, yang harus dipersiapkan tentu saja fisik, logistik, waktu dan pengetahuan untuk mencapai ke sana. Seperti apa tips ke Gunung Semeru? 

rute pendakian semeru
foto: tempo.co
  • Agar pendakian lancar, datanglah pada musim kemarau antara Mei sampai September. Karena bila datang di musim penghujan Anda harus siap dengan kesulitan medan, angin yang tidak bersahabat, dan hujan badai yang datang sewaktu-waktu. 
  • Pastikan kondisi fisik Anda dalam keadaan prima. Riwayat penyakit seperti jantung tidak direkomendasikan. 
  • Sisihkan waktu 4 hari 3 malam. Kenapa 4 hari? Agar bisa menikmati keindahan Semeru. Sebetulnya waktu 3 hari sudah cukup. Tapi nggak bisa sesantai seandainya Anda menyisihkan waktu 4 hari. 
  • Jumlah pendaki Gunung Semeru dibatasi 500 orang per hari. Untuk itu siap-siap untuk bermalam menunggu giliran mendaki seandainya jumlah pendaki sudah memenuhi kuota dan kelompok Anda dalam antrean. Jadi, siap-siap saja untuk menginap di sekitar Desa Ranupani. Desa Ranupani, Senduro, Lumajang memang jadi titik start pendakian Gunung Semeru. 
  • Calon pendaki harus mengajukan izin pendakian. Persyaratan administratif harus dipenuhi. Jangan lupa bawa KTP dan surat keterangan sehat dari dokter karena pasti akan dicek di Pos Ranupani. 
sumber: infopendaki.com
  • Ada 3 cara untuk mengurus izin pendakian Semeru. Pertama:  Booking melalui Telepon / Fax melalui Kantor Balai Besar TNBTS nomor telepon (0341) 491828 / faksimil ke (0341) 490885. Layanan telepon hanya pada hari Senin - Jum'at (pukul 08.00 - 14.00 WIB) sedangkan layanan faksimil terbuka pada hari Senin - Minggu. Konfirmasikan juga kuota pada tanggal pendakian yang diinginkan masih ada atau tidak. Kirim data diri seluruh calon pengunjung (fotocopy KTP/SIM/Kartu Pelajar/Passpor yang masih berlaku termasuk data umur jenis kelamin pekerjaan dan nama ketua rombongan) waktu pendakian pintu masuk dan keluar pendakian serta bukti pembayaran surat ijin pendakian pendakian melalui faksimil. Kedua: Mendaftarkan diri langsung di kantor Kantor Seksi PTN Wilayah I di Cemorolawang Kantor Seksi PTN Wilayah II di Tumpang dan Kantor Seksi PTN Wilayah III di Senduro serta Resort PTN Wilayah Ranu Pani  pada hari Senin s/d Minggu pukul 08.00 s/d 16.00 WIB dengan menyelesaikan syarat pendakian. Ketiga: mendaftar online. Ini sangat mudah. Tinggal buka web bromotenggersemeru.org. Di web tersebut dijelaskan secara rinci cara mendaftar termasuk biaya yang harus ditransfer. Jangan lupa, untuk membooking lakukan paling cepat sebulan sebelum tanggal pelaksanaan pendakian dan paling lambat 7 hari sebelumnya (H-30 sampai dengan H-7. 


Keberangkatan ke Ranu Pani
Dari Probolinggo: Terminal Probolinggo - Sukapura - Desa Jemplang -  Desa Ranupani
Dari Pasuruan: Simpang Dengklik - Jalur sama seperi Probolinggo
Dari Kota Malang – Tumpang - Desa Jemplang - Desa Ranupani

Di Ranupani semua kelengkapan administrasi dicek.
Di Ranupani, di pintu gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Anda diwajibkan membayar karcis per orang Rp 10.000


Jalur Pendakian
Dua jalur untuk pendakian adalah jalur Ayak-Ayak dan jalur Watu Rejeng.

1. Jalur ayak-ayak merupakan jalur anti mainstream karena berdebu dan penuh batu. Jalur atau rutenya sbb: Ranupani – Gunung Ayak-Ayak – Panggonan Cilik – Ranu Kumbolo = (5jam)
Ranu Kumbolo – Oro-Oro Ombo = 1km (30 Menit)
Oro-Oro Ombo – Cemoro Kandang = 1,5km (30 Menit)
Cemoro Kandang – Jambangan = 3km (30 Menit)
Jambangan – Kalimati= 2km (30 Menit)
Kalimati – Arcopodo = 1,2km (2,5jam)
Arcopodo – Cemoro Tunggal – Puncak Semeru = 1,5km (3-4jam)

2. Jalur atau Rute Watu RejengIni cocok untuk pendaki pemula karena rutenya nggak terlalu sulit.
Jalur / Rute Pendakian:
Ranupani– Landengan Dowo = 3km (1,5jam)
Landengan Dowo – Watu Rejeng = 3km (1,5jam)
Watu Rejeng – Ranu Kumbolo = 4,5km (2jam)
Ranu Kumbolo – Oro-Oro Ombo = 1km (30 Menit)
Oro-Oro Ombo – Cemoro Kandang = 1,5km (30 Menit)
Cemoro Kandang – Jambangan = 3km (30 Menit)
Jambangan – Kalimati= 2km (30 Menit)
Kalimati – Arcopodo = 1,2km (2,5jam)
Arcopodo – Cemoro Tunggal – Puncak Semeru = 1,5km (3-4jam)

Hati-hati Zona Bank 75
Medan tersulit dalam pendakian Gunung Semeru adalah pinggiran jaluar dari Arcopodo menuju puncak. Lazim disebut Zona Blank 75 atau zona tengkorak. Kalau turun dari puncak, berhati-hatilah karena jalan menurun tajam. Pendaki yang tergesa-gesa bisa masuk dalam zona tengkorak tersebut. 

Perlengkapan Penting

Camping Gear (Tenda Doom, Matras, Sleeping Bag, Peralatan Masak)
Pakaian secukupnya
Jaket atau Sweater
Celana Panjang Secukupnya
Tutup kepala untuk bertahan dari hawa dingin
Kaos kaki tebal (bisa kaos kaki bola)
Sarung Tangan
Topi
Peralatan mandi
Peralatan ibadah
Jas Hujan
Sunblock
Obat-obatan termasuk koyo tempel yang bisa dipakai di telapak kaki dan tangan untuk menghangatkan diri ketika tidur.
Sepatu dan sandal trecking


Logistik Makanan dan Minuman
Utamakan membawa makanan siap saji seperti kornet, abon, nasi, makanan kaleng, dan peralatan masak dan makan di atas gunung. Pendeknya yang mudah dan kandungan energinya mudah diserap tubuh. Misalnya madu dan gula. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar