Sabtu, 21 Januari 2017

GUA PINDUL, EKSOTIKA SELUSUR GUA GUNUNG KIDUL

Gunung Kidul Yogyakarta dulu punya imej yang tiada manis-manisnya. Selain identik dengan batuan kapur, penduduknya pun terbelakang. Tapi kini, siapa sangka kini Gunung Kidul semakin terkenal. Obyek-obyek wisata Gunung Kidul bikin penasaran siapa saja yang berhobi wisata. Salah satunya adalah Gua Pindul.

wisata gua pindul
saling bergandengan tangan menyelusuri gua. (foto: koleksi bpk aryo kurniawan)
Saya dan keluarga berkesempatan menjajal wisata cave tubing Gua Pindul di Gunung Kidul. Sungguh menakjubkan. Anak saya yang berusia  tahun sangat menikmati. Padahal sebelum menjajalnya, kami was-was mengingat anak kami belum bisa berenang dan kami harus menyusuri gua berair. Ternyata aman-aman saja. 
Anak saya dipangku ayahnya menyusuri gua dengan ban besar sedangkan saya di sebelahnya dengan ban lain. Inti dari piknik di Gua Pindul adalah cave tubing. Kita menyusuri gua secara berkelompok dengan menaiki ban dalam, ditemani pemandu wisata. Wisata ini tidak berbahaya meskipun Anda tidak bisa berenang. 


Panjang Gua Pindul sekitar 350 meter, dengan lebar hingga 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona. zona terang, zona remang, dan zona gelap. waktu tempuh sekitar 45 menit. Stalaktit dan stalagmit bermunculan dengan indahnya di gua pindul ini. Menurut website guapindul.com, gua indah di Gunung Kidul ini stalaktitnya mempunyai peringkat no 4 di dunia. 

Stalagtit yg masih aktif dengan tetesan airnya diyakini berkhasiat bikin cantik dan awet muda, Bagi lelaki untuk menambah vitalitas telah ditunggu stalagtit jantan Gua pindul semakin lengkap keindahan dan kecantikannya dengan ornamen di sepanjang dinding Goa seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai.  Kelelawar bergelantungan menghiasi lorong goa. Terdapat tirai juga yang tersusun dari tetesan air di dinding Goa.
wisata gunung kidul
bersiap menuju cave tubing gua pindul

Paket Cave Tubing Pindul:
1. Jasa pemandu
2. Perlengkapan (ban, jaket pelampung, sepatu karet, ead lamp)
3. Biaya Rp 35.000/ orang (wisatawan lokal), Rp 50.000/orang (wisatawan asing.
4. Biaya retribusi masuk kawasan Pindul: Rp 10.000/orang
    

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di
    pariwisata indonesia

    BalasHapus