Kamis, 26 Januari 2017

Kupang Lontong Sidoarjo: Nikmat dan Murah Meriah


Pernah ke Sidoarjo, Jawa Timur tapi belum mencoba kupang lontong, ya kurang lengkaplah. Makanan khas ini tenar di berbagai kalangan. Itu sebabnya karena penjual kupang lontong terserak hingga pelosok dusun kabupaten ini. 

wisata kuliner sidoarjo
kupang lontong biasa ditemani sate kerang
wisata dan kuliner sidoarjo
khudrotin penjual kupang lontong
Kupang itu sejenis kerang laut, namun ukurannya lebih kecil, kira-kira 3 – 4 milimeter. warnanya keabu-abuan. Nyarinya susah. Di laut, para pencari kupang menyeroknya dengan saringan.

Resto ataupun warung kupang memasak kupangnya nggak neko-neko. Cukup direbus hingga kulit dan dagingnya terpisah. Yang daging direbus lagi dengan air berbumbu gula merah/putih, garam, daun bawang, dan sedikit penyedap rasa.

Sebelum disajikan, lebih dulu diracik bumbu utama langsung di atas piring yaitu bawang putih mentah, gorengan bawang merah, gula merah/putih, garam, jeruk nipis, dan petis sebagai perasa utama. Yang suka pedas, lombok utuh akan dipenyet sampai hancur bersama bumbu-bumbu tadi.

Usai bumbu tadi digerus halus dengan sendok, barulah kupang disiramkan berikut kuahnya sekalian. Disajikan hangat-hangat bersama lontong dan lentho, yaitu semacam irisan ketela pohon yang digoreng garing berbentuk bulat mirip pentol bakso. Kalau mau lebih nikmat, makan kupang lontong bisa dibarengi sate kerang. Bumbu sate ini juga sederhana, cuma petis dan kecap. 


Sebagai hidangan penutup, pilihan yang pas adalan es degan alias kelapa muda. Sebab tidak semua orang tahan mengkonsumsi kupang. Bagi yang alergi, kupang bisa menimbulkan mual-mual, pusing, sampai gatal di kulit. Semua gejala itu bakal hilang dengan sendirinya kalau kita minum air kelapa muda yang memang berfungsi sebagai penawar.

Kupang lontong didoyani banyak orang bukan karena lezat semata. Lebih dari itu, kupang dikenal kaya gizi, terutama protein. Komponen gizi yang terkandung dalam daging kupang antara lain protein 10,85%, lemak 2,68%, dan karbohidrat 1,02%. Selain itu, kupang juga mengandung mikronutrien kupang yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu Fe (zat besi) dan Zn (zinc/seng). 


Di Sidoarjo, tempat paling mudah untuk menemukan makanan ini adalah bursa kupang di pinggir Jalan Raya Gedangan. Bursa yang berdiri sejak tahun 1990 ini menampung 33 kios. Tak perlu takut dompet kering, karena hanya dengan Rp 15 ribu kita sudah mendapatkan seporsi kupang lontong plus segelas es degan. "Kalau hari libur seperti ini memang ramai," kata Khudrotin (68), pemilik 'Warung Sulaiman' di bursa kupang lontong Sidoarjo.

Ibu dua anak ini sebelumnya berjualan di pinggir jalan, kira-kira sejarak 1 kilometer ke arah utara dari warungnya sekarang. Di tempatnya dulu pelangganya banyak, terutama para buruh pabrik. Kecamatan Gedangan memang dikenal sebagai salah satu kawasan industri terbesar di Kabupaten Sidoarjo, selain Waru.



bursa kupang lontong sidoarjo
Khudrotin mengaku punya resep khusus sehingga kupang lontongnya lebih lezat dibanding yang lain. “Petis saya ini asli. Kalau punya teman-teman itu beli dari pedagang keliling yang datang ke sini. Saya tidak. Petis ini saya beli langsung dari pembuatnya. Rasanya lebih enak dan awet," ujarnya membuka rahasia.


Kupang juga bisa diolah menjadi bothok atau pepes yang dibungkus daun pisang. Keduanya gampang ditemukan di pasar-pasar tradisional Sidoarjo, terutama bila pagi hari. “Saya lebih suka bothok atau pepes karena rasa kupangnya lebih terasa. Beda dengan lontong kupang kebanyakan itu, karena petis dan gula jawanya. 

Baiklah, di postingan ini akan saya tunjukkan alamat bursa kupang Sidoarjo yang terkenal, yakni di Gedangan, Sidoarjo. Lokasinya di suatu kompleks di kiri jalan pada rute Sidoarjo - Surabaya.



JAM BUKA BURSA KUPANG SIDOARJO
Pkl 07.00 - 22.00 WIB

ALAMAT, LOKASI DAN RUTE BURSA KUPANG SIDOARJO


A. DARI POMPA BENSIN ALOHA (LETAKNYA DI PERTENGAHAN KOTA SURABAYA DAN KABUPATEN SIDOARJO)




B. DARI ALUN-ALUN SIDOARJO

1 komentar:

  1. Harga lontong kupang di sini mahal bingit pedagang suka main hargs seenaknya satu porsi lontong+sate kerang 10 biji es degan pasang harga 50 ribu hati2 aja ......

    BalasHapus