Selasa, 24 Januari 2017

Pecel Mbok Sani Kembangan Blitar: Sederhana tapi Nikmat

Blitar itu surganya nasi pecel (di samping kota-kota lain macam Madiun, Kediri dan Ponorogo). Salah satu warung yang perlu Anda coba untuk sarapan adalah pecelnya Mbok Sani Kembangan. Apa istimewanya warung pecel yang buka cuma pagi hari ini? Saya jelaskan dalam postingan saya kali ini.

wisata dan kuliner blitar
pecel mbok sani: menu sarapan khas blitar yang disukai wisatawan
  
wisata dan kuliner blitar
spanduk warung pecel mbok sani blitar
Sama seperti warungnya Mak Ti yang jadi salah satu jujukan wisata kuliner favorit di Blitar, warung Mbok Sani demikian juga. Dan sebagaimana warung Mak Tie, ditinjau dari lokasi untuk berdagang, sesungguhnya nggak strategis karena letaknya jauh dari keramaian kota. Itu pun nggak di jalan utama melainkan masuk gang. Tapi kedua warung ini ramai terus.  Lebih-lebih kalau liburan.

Saya sendiri kalau pas lagi di Kota Blitar, nggak sempat singgah di warungnya Mbok Sani maupun Mak Ti, rasanya kurang lengkaplah. Saya menyukai kedua warung ini justru kesederhanaannya yang nggak dibuat-buat. Sangat khas Blitar. Nggak ada tuh, yang namanya polesan di sana-sini, misalnya piring makannya dibuat eksotik, dan sebagainya dan sebagainya. Saya suka yang alamiah seperti tampilan kedua warung ndeso Blitar ini. (Postingan tentang Warung Mak Ti lihat di sini)

Warung Pecel Mbok Sani saya kenal lebih dari 10 tahun lalu.Orang lokal Blitar menyebut Pecel Mbok Sani dengan sebutan "Pecel Kembangan".  Kembangan merupakan wilayah berdiamnya pecel Mbok Sani.

Waktu itu sih, tempatnya nggak seluas sekarang dimana penikmat pecel bisa makan di halaman rumah yang disulap menjadi warung sederhana dengan kursi-kursi kayu memanjang. Kalau dulu, kita duduk di dekat dapur. Dapurnya masih dapur lama, pakai tungku. Kita makan sambil disuguhi aktivitas Mbok Sani melayani pengunjung. Mbok Sani masih pakai kain dan kebaya sebagaimana perempuan Jawa zaman dulu.

Oh ya, saya ingat bagaimana Mbok Sani melayani penikmat pecel.  Sayuran pecel ditata dengan apik di atas nasi. Itu mungkin kadang-kadang yang bikin kita lama nunggunya. Padahal antrean buanyaaaaak dan perut minta diisi segera. Herannya, demi merasakan pecel Mbok Sani, kita-kita kok ya betah antre dengan ritme pelayanan Mbok Sani. Itu hebatnya.  
 
Karena usianya sudah sepuh, Mbok Sani kini tidak melayani pengunjung dan lebih banyak diam di dalam rumah. Kini putri Mbok Sani yang meneruskan usahanya dan layanan ke pengunjung jadi cepat. Tapi kadang saya masih rindu melihat Mbok Sani menyapa pengunjung sebagaimana dulu.

MENU PECEL MBOK SANI
Kalau pengen pecel dengan sajian lauk lengkap sesuai yang kita pilih, jangan datang ke warung Mbok Sani.  Di warung ini sajiannya sederhana. Yakni nasi punel, sayuran daun pepaya yang nggak terasa pahit, kecambah, atau sayuran lain dan bumbu pecel. Lauknya hanya sepotong tahu dan tempe juga peyek kemripik (renyah). Sajiannya di piring ala desa. Minumnya? teh manis atau kopi. Pokoknya kalau ingin sensasi sarapan ala pedesaan Blitar yang khas, datanglah ke sini. Nggak bakal menyesal.

JAM BUKA PECEL MBOK SANI
05.45 s/d 10.00 (pokoknya sampai habis persediaan pecelnya hehehe)

HARGA PECEL MBOK SANI
Untuk makan satu piring pecel dan minum teh manis harganya Rp 7000.

ALAMAT DAN LOKASI PECEL MBOK SANI
Kembangan, Sumberjo, Sanan Wetan, Kota Blitar.
 Ini Rute menuju warung Mok Sani dari alun-alun Kota Blitar (hanya sekitar 3 km):


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar