Senin, 30 Januari 2017

Perkebunan Kopi Karanganyar, Kekinian Berselimut Sejarah

Beberapa perkebunan di Lereng Gunung Kelud, Jawa Timur pastinya jadi tempat piknik menyenangkan buatmu. Tak terkecuali Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar. Seberapa asyik sih lokasi piknik ini?

perkebunan kopi karanganyar blitar
benteng yang otentik di perkebunan kopi karanganyar kini dimanfaatkan sebagai cafe.

rute perkebunan kopi karanganyar blitar
salah satu lokasi swafoto yang kekinian di perkebunan kopi karanganyar blitar
Kata buku-buku yang saya baca, sejak zaman kolonial, wilayah perkebunan mana saja di negeri ini sangat asyik dipakai piknik. Tapi dulu yang bisa mengakses cuma masyarakat kelas tertentu. Rata-rata pribumi nggak kepikiran pakansi di perkebunan. Kalaupun kepikiran, mereka toh nggak punya akses. Ngapain mikir muluk, makan saja susah. Lain lagi saat ini. Berbagai obyek wisata banyak terjangkau kantong rakyat. Wisata jadi bagian gaya hidup kekinian. Habis piknik.... cling.... foto pun di-upload, di media sosial. Ada kebanggaan tersendiri saat foto-foto yang instagrammable banjir puja-puji.

Nah, perkebunan-perkebunan besar di sekitar Gunung Kelud Jawa Timur rupanya menangkap tren piknik ini. Mereka kini aktif mengembangkan lahan-lahannya menjadi sangat ramah wisata dan instagrammable. Tinggal dipoles dikit, jadilah obyek wisata baru. Taruhlah Bukit Teletubbies Blitar, yang dikembangkan Perkebunan Sumberasri Blitar yang bagai negeri dongeng dan terus menambah koleksi spot-spot selfie-nya. Juga Perkebunan Margomulyo, Kediri yang hits dengan wisata jeep-nya keliling ke wilayah-wilayah asyik di lereng Kelud. Dan kini Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar demikian tampil menggoda. Oh ya, ada satu lagi wisata perkebunan di Blitar yang juga terkenal yakni Kampung Coklat di Kademangan. Namun yang ini tidak di lereng Kelud.

***

Perkebunan kopi Karanganyar punya nama keren yang beraroma zaman kolonial, yakni De Karanganjar Koffieplantage. Luasnya 300 hektar lebih, berlokasi di Dusun Mondangan, Desa Karanganyar, Nglegok, Kabupaten Blitar. Nggak jauh dari Gunug Kelud. Sebagai obyek wisata baru tentu masih mengalami pembenahan di sana-sini. Namun nggak perlu khawatir ini mengecewakanmu. Sepulang dari sini, kamu nggak cuma membawa koleksi foto-foto ngehits. Nggak cuma merasa refresh, tapi juga bawa banyak pengetahuan.

Apa sih yang keren dari perkebunan kopi Karanganyar? Kalau saya lihat, mainstream jualannya yakni spot-spot bangunan otentik dan benda masa lalu yang bersejarah digenapi kisah-kisah di dalamnya. Bahkan cafenya pun aroma jadulnya minta ampun. Dan, eksotik  Namun, tempat ini pun mengakomodasi tuntutan wisatawan masa kini yang beragam. Jadi, di Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar, kamu nggak cuma nemu bangunan-bangunan kuno beserta benda-benda masa lalu. Kalau kamu doyan berpetualang, bisa kok menjelajah kebun kopi. Bahkan penggemar outbond dan games militer pun punya tempat di sini. Untuk anak-anak? Ada taman bermain yang didesain alami dan keren.

Baiklah, saya paparkan apa saja yang bisa kamu lihat: dan pelajari di Perkebunan Kopi Karanganyar.

wisata blitar
pertunjukan life di joglo kesenian perkebunan kopi karanganyar juga cukup interaktif dengan penonton




Rumah Loji Karanganyar dan Koleksi Bung Karno
Rumah Loji ini memiliki ruang dan beberapa kamar. Sebelum dibuka untuk wisatawan, dulu lokasi ini jadi tempat tinggal orangtua Herry Noegroho, Bupati Blitar periode 2006 - 2016. Jangan lewatkan tur Rumah Loji yang buka antara pukul 10.00 - 12.00 dan pkl 13.00 - 16.00. Guide-nya ramah yang siap menjelaskan A-Z tentang Rumah Loji yang wow ini. 

wisata di sekitar candi penataran
saalah satu bagian ruang loji yang artistik
Yang buat saya menarik di sini adalah salah satu kamar menyimpan hasil lelang benda-benda Bung Karno di Hotel Indonesia. Di sini kamu juga bisa lihat pintu kamar khusus yang ditempati Bung Karno di Hotel Indonesia. Ada pula topi Bung Karno yang didapat dari Istana Gebang (Rumah Bu Wardoyo, kakak perempuan Bung Karno di Blitar, yang dulunya jadi rumah plesir Bung Karno. Istana Gebang juga merupakan tempat tinggal ayah dan ibu Bung Karno saat tua).

Di sini ada lukisan perempuan ras Eropa. Lukisan ini koleksi Bung Karno. Siapa yang jadi model lukisan itu hingga kini masih gelap. Ada pula keris milik Bung Karno yang ditempatkan dalam kotak kayu. Oh ya, benda-benda hasil lelang tersebut tidak boleh dipotret. Kendati pengen banget, mohon kamu hormati aturan main dari sang pemilik untuk tidak memotret benda di ruangan ini. Toh di rumah Loji ini masih banyak tempat instagrammable. Kamu bisa berselfie ria di ruang tamu atau ruang tengah dengan mebel-mebelnya yang kuno dan artistik. Di teras juga disediakan tempat kongkow lengkap dengan moge. Silakan manfaatkan untuk berswafoto.

salah satu sudut rumah loji di perkebunan karanganyar blitar

Kantor PT. Harta Mulia
PT Harta Mulia merupakan pengelola Perkebunan Kopi seluas 300 ha. Komoditas utamanya durian, cengkeh, ketela, dan kopi. Kini produk yang dikembangkan adalah kopi ose. Kantor ini sangat eksotik untuk difoto. Baik gedung dan letter board di atas gedung sangat kental nuansa zaman kolonial Belanda.

Oh ya, saya berkesempatan foto di sini dengan Herry Noegroho, Bupati Blitar periode 2006-2016. PT Harta Mulia dimiliki ayah Herry yakni Denny M, Roshadi. Ia merintis perusahaan di tahun 1963 dengan komoditas utama kopi dan cengkeh. Tahun 1983 sang ayah meninggal dan Herry menerima tongkat estafet sebagai direktur PT. Harta Mulia. Jabatan ini dilepas saat Herry menjabat sebagai wakil walikota Kota Blitar (jabatan sebelum ia menjadi bupati Blitar). Kini H. Wima Brahmantya, S.Si., putra pertama Herry memegang kendali PT. Harta Mulia sebagai direktur. 

wisata dan kuliner blitar
berpose bersama pemilik perkebunan kopi karanganyar Herry Noegroho, Bupati Blitar periode 2006-2016
Sensasi Kolonial Cafe Benteng
Bangunan zaman dulu yang berbentuk benteng ini kini difungsikan sebagai cafe bernuansa zaman dulu, mulai dari kursi, meja, maupun ornamen-ornamennya. Kalau ingin nyoklat, ngopi, ngeteh, ngejus, ataupun nyamil sembari membayangkan seperti apa zaman kolonial, ya ke sini saja. Di dinding-dindingnya banyak terpajang foto-foto jadul. Alat-alat musik jadul terpajang juga. Oh ya, kalau pengen selfie dengan sepeda tua bisa juga lo karena di luar benteng ada sepeda tua yang melayani kamu untuk berswafoto.

wisata blitar
benteng otentik zaman kolonial kini dimanfaatkan sebagai cafe jadul
 Joglo Kesenian Karanganyar
Ini nih yang saya sukai. Dari joglo tua ini bunyi gamelan disertai tembang-tembangnya mengalun merdu menenangkan hati. Letak joglo kesenian ini agak ke belakang, tapi di pintu masuk pun sudah sayup terdengar bunyi-bunyian dari alat tradisional Jawa ini. Joglo itu letaknya di tengah.. Belasan pemain gamelan mengiringi penembang dan penari. Oh ya, waktu itu penari utamanya sangat spesial, yakni bule cantik. Banyak penonton antusias dan menjadi lawan menari si bule. Joglo kesenian ini memang menyajikan live gamelan setiap hari Minggu dan hari besar.

Ini video kesenian yang saya rekam beberapa waktu lalu di Keboen Kopi Karanganyar



wisata blitar
pentas seni setiap minggu dan hati besar di perkebunan kopi karanganyar

Museum Purna Bakti 
Di museum ini dipamerkan barang-barang Herry Noegroho saat dinas. Ada berbagai macam penghargaan yang pernah diterima Herry, lemari kaca berisi baju-baju dinas, foto, lukisan, meja dan kursi kerja juga ada.

Museum Pusaka dan Keris Jendral Sudirman
Ada dua ruangan di sini. Ruangan-ruangannya cukup gelap. Museum Pusaka memamerkan berbagai macam pusaka koleksi Herry Noegroho. Di antaranya keris Jendral Sudirman, Keris pemberian Jokowi, sapu jagat, tombak-tombak dan masih banyak lagi. Di dinding digantung lukisan Jenderal Sudirman dan Ratu Pantai Selatan alias Ratu Kidul. Pusaka-pusaka tersebut sebagian besar ditempatkan di dalam wadah kaca dan dimandikan pada bulan suro (bulan Jawa).

Ini salah satu ruangan dimana pengunjung tidak boleh memotret. Ada mas-mas di depan pintu yang khusus menjaga tempat ini yang dengan ramah meminta pengunjung untuk tidak memotret pusaka yang ada.

Arena Bermain Anak

wisata blitar
aarena bermain yang sangat indah di perkebunan kopi karanganyar
Area bermain anak merupakan tempat yang asyik buat anak-anak. Mainan seperti ayunan, rumah pohon dan sebagainya didesain khas dari kayu-kayu yang dibentuk cantik. Semua mainan berdiam di bawah pohon-pohon tinggi.

Lokasi Outbond
Kalau pengen outbond bersama rombongan, bisa kok di sini. Pas saya ke sini, kebetulan kebarengan kelompok outbond dari salah satu ormas terkenal di Indonesia.

Jelajah Kebun Kopi
Ingin menjelajah lahan-lahan kebun kopi? Ada ATV yang siap mengantarmu dengan biaya Rp 25.000 per kendaraan.

Pabrik
Pada zaman Belanda, pabrik kopi ini adalah bangunan utama. Di sinilah segala aktivitas berasal. Tapi saat ini pabrik kopi ini hanya dipakai mennjemur kopi dan cengkeh. 

Penjualan Suvenir
Pengen suvenir, ada juga lo lokasi jualnya. 

***
Jam Buka
Pukul 09.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:
Rp 5000 untuk wisatawan dometik dan Rp 10.000 untuk wisatawan internasional

Arah ke Perkebunan Kopi Karanganyar dari Kota Blitar
Kalau dari Kota Blitar, ikuti jalan menuju Candi Penataran. Dari pertigaan pasar dekat Candi Penataran, belok ke kanan, ke desa Mondangan, lurus saja sampai menemukan perempatan dimana arah ke kirinya terdapat petunjuk arah ke Arca Warak. Beloklah ke kiri sejauh 3 km ada spanduk Kampung Melon. Satu km lagi ksmu temukan Perkebunan Karanganyar.

1 komentar: