Senin, 09 Januari 2017

Ada Tugu Cintanya Raffles di Kebun Raya Bogor

Bila Anda berkunjung ke Kebun Raya Bogor lewat pintu utama, di dekat Kolam Guntung, ada sebuah gazebo melingkar warna putih dengan arsitetur khas Eropa berdiri megah. Di dalam gazebo itulah Tugu Raffles berada. Apa keistimewaannya?

istana bogor
tugu untuk mengenang cinta raffles pada istirnya olivia 
wisata bogor
puisi rumantis olivia tersemat pada prasasti tugu raffles
Di Kebun Raya Bogor, begitu banyak lokasi populer. Tapi tidak yang ini. Pengunjung seringkali  hanya melewati saja, keburu ke tempat-tempat lain. Mungkin mereka tidak tahu, tugu ini menyimpan sejarah cinta. Kalau hati Anda penuh cinta, tentu mudah meleleh bila tahu, apa itu tugu cinta Raffles. 

Monumen ini ternyata dibangun untuk mengabadikan cinta Sir Thomas Stamford Raffles, Letnan Gubernur Jawa saat pendudukan Inggris di Indonesia. Ia menjabat pada 1911 - 1916. Sang istri,  Lady Olivia Mariamne, yang sangat dicintai, meninggal dunia di pada 26 November 1814 akibat malaria. Dia dimakamkan di Batavia. Raffles pun membangun Tugu Cinta untuk mengenang sang istri yang sangat mencintai Kebun Raya Bogor. 

Di tugu itu terpahat puisi karya Olivia:  


Oh thou whom neer my constant heart
One moment hath forgot
Tho fate severe hath bid us part
Yet still – forget me not................................

Kalau diterjemahkan kira-kira begini: 


Oh kamu yang tak satu kali pun terlupa oleh detak jantungku. Takdir kejam telah memisahkan kita. Namun, jangan pernah lupakan aku”.

Melihat Tugu Raffles ini, saya jadi ingat sebuah tugu sejenis di Museum Le Mayeur, Sanur Bali. Kenapa sejenis? Karena keduanya dibangun untuk mengabadikan cinta. Ni Pollok membangun patung suaminya Le Mayeur di atas kolam, di halaman rumah mereka, -- yang kini menjadi Museum Le Mayeur --  untuk mengabadikan cintanya pada sang suami, pelukis Belgia. Raffles pun membangun monumen di halaman Istana Bogor untuk mengenang cintanya 

Sir Thomas Stamford Raffles dikenal sebagai sosok yang cinta mati pada tanah Jawa. Selain itu ia juga dikenal sebagai pendiri Kota dan Negara Singapura. 

Cintanya pada tanah Jawa itu dibuktikan dengan produktivitas kerjanya sewaktu bertugas. Saat Belanda kembali menguasai Hindia Belanda (Indonesia sekarang) Raffles terpaksa pulang ke Inggris tahun 1916. Ia bahkan sedih sekali sampai menangis ketika harus meninggalkan tanah Jawa yang dicintainya. 

Di Jawa Raffles tertarik pada flora dan fauna, kebudayaan dan peninggalan Jawa. Bahkan prakarsa untuk menemukan Candi Borobudur pun datang darinya. Penamaan "Borobudur" ditemukan pertama kali dalam buku tulisannya, History of Java yang monumental itu. 

Istana Bogor begitu akrab dengan Raffles. Dialah yang membangun tempat peristirahatan indah untuk para pejabat ini. Dia mengubah halaman sekitar istana menjadi taman-taman sebagaimana di Inggris, yang kini menjadi Kebun Raya Bogor dibantu  Prof. Dr. C. G. C. Reindwart.. Sebelum disentuh Raffles, halaman ini adalah hutan buatan (samida) pada masa Prabu Siliwangi. 



Oh ya, Olivia meninggal pada usia 43 tahun. Di samping tugu ada keterangan bahwa sebagai istri gubernur Olivia memperkenalkan reformasi di kalangan masyarakat Jawa. Tugu tersebut sempat hancur akibat angin pada 4 Januari 1970. Tugu berhasil direkonstruksi pada 17 Agustus di tahun yang sama.

Olivia 10 tahun lebih tua daripada Raffles, dan ia seorang janda ketika dinikahi pejabat Inggris itu. Tapi saat menikah, Raffles muda jabatannya belum apa-apa. Ia masih sebagai pegawai administrasi. Pegawai secerdas Raffles mustahil kalau karirnya tidak menanjak. Akhirnya Raffles menduduki jabatan di tanah Jawa. 

Keduanya berhobi sama dan menyukai daerah tropis. Itu sebabnya Olivia dengan senang hati mau diboyong Raffles ke tanah Jawa. Sama seperti Raffles, Olivia juga gemar jalan-jalan dan bergaul dengan pribumi. Saking seringnya blusukan sebagaimana suaminya, dia terserang malaria yang saat itu sangat mewabah di Jawa. Raffles menikah lagi beberapa tahun setelah Olivia meninggal Dari istrinya ini, Sophia Hull, mereka dikaruniai 5 anak. Empat anak meninggal saat balita dan yang satu saat usianya 19 tahun.

BACA JUGA: BIOGRAFI SINGKAT RAFFLES

wisata bogor
lady olivia, istri sir thomas stanford raffles
thomas stamford raffles

Tidak ada komentar:

Posting Komentar