Senin, 23 Januari 2017

Mak Ti, Kuliner Khas Desa Bllitar yang Bikin Ketagihan

Nama kerennya wisata kuliner Agropolitan Mak Ti. Tapi kebanyakan orang cuma menyebut Warung "Mak Ti". Untuk ke sini kita akan melewati sawah dan perkebunan. Kita juga akan lewat kampung-kampung dengan halaman luas dimana penduduknya banyak memelihara sapi. Apa istimewanya kuliner ala Mak Ti hingga begitu terkenal?
kuliner blitar
mak ti melayani pengunjung yang ingin membawa menu pulang

alamat warung mak ti blitar
dapur warung mak ti
Lebih dari 10 tahun saya dan keluarga menjadi langganan warung Mak Ti (disamping warung nasi pecel yang saya sukai sejak dulu, kalau pas ke Blitar, yakni Nasi Pecel Mbok Sani Kembangan). Kedua warung ini tenar bukan dari iklan, namun dari mulut ke mulut. Saya yang menyukai datang ke Blitar pun mengetahui keberadaan kedua warung ini dari warga Blitar. Kali ini saya posting Warung Mak Ti. Kalau Warung Nasi Pecel Mbok Sani, saya posting lewat di link ini.


***
Lokasi atau alamat Warung Mak Ti di Desa Jatinom RT 03 / RW 03, Kec. Kanigoro, Jatinom, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur, sekitar 7 km jauhnya dari Alun-alun Kota Blitar.

"Di Mak Ti, Makanannya enak. Makan sekenyangnya. Tinggal bayar per kepala harganya murah.," kata yang empunya info. Rupanya Mak Ti memakai konsep "all you can eat".

Menunya apa? Bermacam-macam ikan kali (jendil, bader, kutuk dll) dan sayuran ala Desa Blitar (lodeh, tumisan lompong, lompong disantan, trancam, sayur blendi dll).
  
Ikan-ikan yang saya sukai di sini adalah wader kali yang digoreng garing dan ikan kutuk disantan pedas. Sedangkan sayur ala Blitar yang selalu saya rindukan di ini adalah sayur Blendi yang isinya cabe semua dan Sayur Lompong.

Tahukah Anda, apa sayur Blendi itu? Sayur Blendi itu semacam sayur lodeh, namun puedaaaaaas. Isinya boleh macam-macam. Lomboknya utuh-utuh. Nah, kalau di Mak Ti, seringkali ada sayur blendi yang isinya cabe kecil utuh-utuh. Pendeknya, cabe disantan. Loh, benarkah? Iyaaaa.... dulu saya heran juga dengan sayur model ini. Sekarang jadi ketagihan. Demikian pula sayur lompong (batang talas). Saya paling doyan. Maklum di Surabaya dan Sidoarjo sulit menemukan lompong. Kalaupun ada, lantas saya masak, rasanya kok beda ya. hehehe....  


Oh ya, di Warung Mak Ti ada dua pilihan nasi, yakni nasi putih dan nasi jagung. Atau kalau mau makan dua-duanya bisa.
 
Warung Mak Ti tergolong sederhana tampilannya, meskipun kini diperluas karena membludaknya pengunjung, terutama di hari libur. Sebelum warung Mak Ti diperluas seperti sekarang, saya dan keluarga, sebagaimana orang lain, kalau makan di Mak Ti, pastinya di sebuah ruangan yang menyatu dengan Dapur. Saya tahu benar proses beberapa ibu menggoreng ikan dan memasak sayur di dapur. Seperti yang ada di desa-desa. Bau harum yang berasal dari penggorengan ikan selalu menerbitkan rasa lapar kami. Kalau pas pengunjungnya membludak, kami dulu juga diarahkan makan di ruang tamu atau ruangan lain di rumah Mak Ti.

Sejak dulu sampai sekarang, penampilan Mak Ti nggak berubah. Tetap putih, cantik, dan ramah. Biasanya perempuan paruh baya ini akan menyapa pengunjung di dekat panci-panci ikan dan sayur di mana pengunjung mengambil nasi. Seringkali pengunjung, utamanya dari luar kota Blitar bertanya dan bertanya apa saja. Ya tentang jenis menu, tentang jam buka dan sebagainya. Di ruangan ini terjadi interaksi antara Mak Ti dan pengunjung.

Para pejabat RI yang suka berkunjung ke warung Mak Ti antara lain Budiono, mantan Wapres. 

Konsep all you can eat ini paling cocok untuk Anda yang doyan makan makanan khas desa. Atau, cocok untuk Anda yang sudah capek berkeliling Blitar, lantas merasa kelaparan. Warung Mak Ti-lah yang harus Anda tuju. 
wisata kuliner blitar
warung mak ti pagi hari saat baru buka
wisata dan kuliner blitar
mak ti di hadapan menu yang dihidangkan berupa ikan dan sayur ndeso blitar
JAM BUKA WARUNG MAK TI
Setiap hari Pkl 06.00 sd pkl 22.00 (atau tergantung perjanjian bila ingin di luar waktu tersebut). Bahkan hari libur dan hari besar seperti lebaran tetap buka. 

HARGA MENU WARUNG MAK TI
Rp. 10 ribu per kepala (untuk makan). 
Sesuai jenis pesanan (untuk minuman)

RUTE / PETUNJUK ARAH KE WARUNG MAK TI
Dari Karang Tengah Kota Blitar ke selatan. Melewati markas yonif 511 karang tengah sampai di Gapura Desa Minggirsari. Setelah masuk wilayah Desa Minggirsari, lurus hingga ada Masjid Roudhotul Mutaalimin di sebelah kiri jalan. Belok ke kiri ketika anda sampai di masjid tersebut dan anda akan melewati turunan dan jembatan kemudian jalan naik. Setelah jalan naik silakan belok kiri di gang pertama. Maka anda sudah tiba di warung Mak Ti.

Secara garis besar, inilah rutenya kalau dari Alun-alun Blitar. Cuma sekitar 15 menit atau 6,6 km menuju ke Warung Mak Ti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar