Selasa, 03 Januari 2017

Taman Anggrek Tretes, Vitamin Mata dan Jiwa

Nursery alias Taman anggrek di Tretes Jawa Timur ini benar-benar vitamin mata dan jiwa. Dirawat dengan telaten,  anggrek dari berbagai negara tumbuh dan berkembang bagus.

taman anggrek dekat bale air
foto bareng anggrek australia
taman anggrek tretes
taman anggrek di tretes jawa timur

taman anggrek
salah satu sudut oke untuk wefie

Belum ada board petunjuk untuk sampai di Taman Anggrek Tretes ini. Masih untuk kalangan terbatas, yakni pecinta anggrek. Bahkan di internet pun info soal taman anggrek yang ini minim banget. Banyak sih info tentang taman anggrek di Tretes dan sekitarnya. Tapi bukan yang ini.

Bermula dari undangan Owner Bale Air, Resto and Garden, Pandaan, Pasuruan Jawa Timur, Pak Susono Hadinugroho untuk singgah di rumah makannya yang berkonsep alami yang dipenuhi gazebo. Pak Susono yang juga pecinta anggrek  bersedia mengantar kami ke Taman Anggrek milik relasinya yang berjarak 10 km dari Restoran Bale Air. Lokasinya di dekat Tretes View Hotel.

Taman anggrek itu begitu indah. Penataannya nggak main-main. Anggrek-anggrek dari berbagai negara semakin indah lewat imajinasi pemiliknya yang mampu memadukan bunga-bunga cantik itu dengan interior dan alam sekitar Tretes.

Oh ya, di Taman Anggrek Tretes ini juga ada tanaman-tanaman hutan yang lumayan rimbun dan eksotis, menempel di dinding dan tangga-tangga beton di bagian belakang.

Nggak ada orang lain selain kami dan satu pegawai di situ yang rupanya sudah sangat akrab dengan Pak Susono. Kami diterima dengan sangat baik. Bapak tersebut menjelaskan soal anggrek-anggrek di taman ini, bagaimana merawatnya, dan sebagainya. Spesial penjelasannya untuk kami, tentu saja. Pasti ngangeni benar tempat ini.

Lain hari mudah-mudahan bisa kemari lagi, dapat info yang lebih banyak dan saya tulis lagi. Semoga.

piknik pandaan
lantai atas pun elok 
wisata pandaan
di salah satu sudut

wisata tretes
tangga cinta di taman anggrek tretes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar