Selasa, 07 Februari 2017

Eloknya Legok Asri, Spot Wisata Alami di Sidoarjo

Lagi cari tempat wisata alam keluarga di Sidoarjo? Datang saja ke Legok Asri, Sukolegok. Di sini ada kolam renang, kolam pancing, dan lokasi outbond. Semakin lengkaplah piknik Anda setelah mencicipi hidangan enak di restonya yang berbentuk gubuk-gubuk kayu  eksotik.

wisata dan kuliner sidoarjo
kolam renang legok asri suko legok
suasana legok asri yang benar-benar asri (dok legok asri)
Oh ya sebelum menulis lebih jauh, sesungguhnya ada dua Legok Asri. Ada yang di Desa Panjunan, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur dan ada yang di Raya Sukolegok, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur. Kendati keduanya ada dalam satu "payung", namun beda fasilitas. Yang di Desa Panjunan itu restoran saja sedangkan yang di Raya Sukolegok lebih dari restoran. Yang saya posting ini adalah Legok Asri yang di Raya Sukolegok.

Alamat tepatnya di Jl. Raya Sukolegok, RT 12 / RW 4, Desa Suko Legok, Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur. Nggak di tengah Kota Sidoarjo, sih. Namun akses menuju lokasi ini cukup baik. 
 

Rumah saya cuma sejauh 2 km dari Legok Asri. Dulu, saya mengenal tempat ini cuma restoran enak, berkonsep alam dan eksotik Untuk para pengunjung kalau hari-hari libur ada live music di sini. Itu saja yang saya tahu.

Beberapa kali ke resto ini saya nggak pernah kepikiran kalau di dalamnya ada sarana-sarana wisata asyik. Ya, menikmati makan lesehan di gubuk-gubuknya saja saya sudah puas. Restoran Legok Asri memang tampil di depan sendiri dari kompleks Legok Asri seluas 3 hektare ini. Lagian waktu itu, sarana wisata lain belum ada promosinya. Brandingnya dulu cuma restoran. Padahal di dalamnya ada kolam renang, kolam pancing, dan lokasi outbond. 

Sampai akhirnya tetangga saya bawa perlengkapan pancing dan renang anaknya, saya tanya, mau ke mana. "Ke Legok Asri," jawabnya. Haaah..... ada kolam renangnya ternyata. Ada kolam pancingnya juga.

Singkat cerita, saya dan keluarga makin kenal dengan Legok Asri sebagai tempat rekreasi yang pas dengan biaya masuk akal. Sampai sekarang Legok Asri menjadi pilihan tempat berenang anak saya. Bahkan saya ada rencana ngeleskan anak saya renang di sini karena memang ada kursus renang mulai tingkat anak-anak sampai dewasa. Untuk mancing, kami sekeluarga nggak hobi sehingga jarang mancing (Hanya sering berswafoto di kolam pemancingannya).

Legok Asri bagaikan hutan elok di wilayah Sukolegok, Sidoarjo yang kini sudah penuh bangunan. Pohon-pohon rindang ada di sana-sini. Yang saya sukai adalah tanaman pandan raksasa dan sirih-sirihan. Apa ya nama latinnya? 

Di sini saya masih sering mendengar bunyi-bunyian serangga sebagaimana di desa saat sore menjelang malam. Binatang macam bebek, ayam dan kambing pun ada. Untuk anak-anak yang jarang melihat binatang seperti ini dalam keseharian seperti anak saya, Lehok Asri tempat paling tepat memperkenalkan binatang-binatang ini.
wisata dan kuliner sidoarjo
salah satu outbond yang diselenggarakan di legok asri

Fasilitas
Sampai di Legok Asri Anda disambut gubuk-gubuk tempat kulineran. Kalau nggak ingin kulineran dulu melainkan berenang, outbond, mancing, atau sekadar jalan-jalan, ada akses masuk berupa pintu pagar yang dijaga mbak-mbak ramah yang akan memberikan karcis untuk pengunjung yang masuk. Harga karcis per orang Rp 10.000. 


Apa saja yang ada di Legok Asri ?
1. Lahan seluas 3 hektar
2. Lapangan rumput dan pepohonan rindang
3. Danau seluas 5X lapangan tennis
4. Kolam renang seluas 24x12 meter
5. Gazebo dan bale untuk tempat barang / istirahat

Fasilitas ini sangat tepat, di samping untuk keluarga juga berbagai program komunitas, sekolah, dan kelompok.Kalau pengen nginap untuk kemping di Legok Asri bisa juga. Pengelola menyediakan program outbond dan kemping dengan harga terjangkau. Fasilitas menyesuaikan dengan paket-paketnya.


Harga Fasilitas Legok Asri
 
Tiket Masuk Lokasi : Rp   10.000,- / Orang
Flying Fox untuk anak: Rp 10.000 dan untuk dewasa Rp 20.000. Harga ini untuk per orang.
Tangkap Ikan untuk keluarga Rp 100.000,- / Keluarga, untuk anak-anak Rp 10.000 per anak
Renang: Rp   10.000,- / Orang
Sepeda Air:Rp   10.000,- / (Maks. 4 Orang)
Memancing: Rp    5.000,- / Orang (ikan ditimbang)
Tanam pohon: Rp   10.000,- / Orang
Giring Kambing: Rp   10.000,- / Orang
Foto di Lokasi: Rp 250.000,-
Sewa Aula/Lahan: Rp 250.000,- / jam
Sewa Tikar : Rp 5000 


Daftar Harga dan Fasilitas Camping
1. Rp 100.000,- / tenda 2. Masuk pukul 15.00 sampai besok paginya pukul 08.00 3. Pendamping selama berkemah 4. Makan + air mineral 2x 5. Bakar jagung saat api unggun

 
Daftar Harga dan Fasilitas Outbound (minim 25 orang)  
1. PAKET A
    Rp 100.000,- / Orang
    Fun Games, Flying Fox, Tangkap Ikan, Renang,
    Makan + Air Mineral, Jalan wisata di lokasi Outbound

    Kendaraan antar jemput khusus wilayah SBY - SDA  
2. PAKET B
    Rp 90.000,- / Orang
    Fun Games, Flying Fox, Tangkap Ikan, Makan + Air Mineral,
    Jalan wisata di lokasi Outbound

    Kendaraan antar jemput khusus wilayah SBY - SDA 
3. PAKET C
    Rp 75.000,- / Orang
    Fun Games, Flying Fox, Tangkap Ikan, Makan + Air Mineral,
    Jalan wisata di lokasi Outbound
4. PAKET D
    Rp 50.000,- / Orang
    Fun Games, Makan + Air Mineral,

    Jalan wisata di lokasi Outbound

Lokasi dan Arah
Kalau Anda dari arah Surabaya, melewati Jl Ahmad Yani (ada gedung JX Plasa), jaraknya 11 km. Dari sini lurus saja sampai di pom bensin Aloha, putar balik ke kanan. Betemu dengan Pabrik Maspion I, siap-siap belok di belokan pertama, Jl Aryo Bebangah. Lurus saja sampai ketemu toserba Jago II di sebelah kiri dan pojokan jalan. Anda belok kiri dan ikuti jalan lurus ke arah kanan, menuju Desa Suko. Dari Balai Desa Suko, lurus saja sampai ketemu Desa Suko Legok. Wisata Legok Asri ada di kanan jalan. 

kolam renang anak yang indah di legok asri, sukolegok, sidoiarjo


Kalau dari Sidoarjo, misalkan Anda dari Alun-alun Sidoarjo (11 km juga), terus saja ke utara (menuju arah Surabaya) sampai melewati bursa kupang yang ada di pinggir jalan di Gedangan. Setelah Bursa Kupang ada jalan belok kiri ke Jl Nangka, lurus, belok kanan ke Jl Ronggojalu, lurus sampai ketemu Jl Bohar, lurus sampai ketemu Jl Suko belok kiri, lurus saja, sampai ke Legok Asri. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar