Senin, 06 Februari 2017

Minyak Tawon Oleh-oleh Wajib dari Makassar

Cuma mengigatkan, kalau kamu singgah, piknik, atau lagi ada kerjaan di Makassar, jangan bingung cari oleh-oleh atau suvenir untuk dibawa pulang. Beli saja minyak Cap Tawon yang dikenal dengan nama Minyak Tawon. Minyak gosok serbaguna ini memang asli dari Makassar. Jangan lupa, inilah suvenir dan oleh-oleh oleh-oleh yang paling realistis dan pasti kepakai. 

beli minyak tawon makassar
minyak tawon, suvenir atau oleh-oleh khas makassar (koleksi minyaktawon.net)
Siapa sih yang nggak kenal minyak Tawon? Kemasannya sederhana. Dari dulu sampai sekarang sama. Ya dikemas dalam botol sederhana. Tapi khasiatnya tidak sesederhana kemasannya. Sebagai minyak gosok, fungsinya boleh dibilang serbaguna. Bisa mengobati kulit yang terkena minyak panas, luka sayatan benda tajam, menyembuhkan lebam benturan, mengobati gigitan serangga, sakit gigi, sariawan, urat keseleo, pegal-pegal, sakit perut, sesak napas, muntah, dan masih banyak lagi. 

Saking populernya minyak ini sehingga kerap dipalsukan. Dan kalau sudah beli minyak tawon palsu, penyakit bukan tambah ringan, namun bisa sebaliknya, kan? 

Di gerai-gerai oleh-oleh khas Makassar di mana pun termasuk di Somba Opu, minyak tawon ini dijual. Kendati gerai-geraiyang tersebar di Makassar banyak juga yang mengkhususkan diri pada penjualan kerajinan ataupun kain khas Makassar, namun tetap saja minyak  Tawon tersedia. 

Ada dua jenis minyak tawon asli. Minyak tawon tutup merah dan minyak tawon tutup putih. Minyak tawon tutup merah tersedia dalam berbagai ukuran. Harganya relatif lebih murah dan tidak seberapa panas di kulit. Sedangkan minyak tawon tutup putih terasa panas dan meresap ke dalam otot. Cocok untuk pijat pegal dan keseleo. Dua-duanya khasiatnya sama kok.

Oh ya, jangan dikira karena biasa disebut Minyak Tawon, bahan dasarnya dari tawon. Tidak sama  sekali. Bahan minyak tawon cukup sederhana. Yakni minyak kelapa, minyak kayu putih, cengkeh, daun lada, jahe, kunyit, dan bawang. 

Minyak kelapa sebagaimana kita tahu mengandung vitamin A dan E berkhasiat menjaga kelembaban, kelenturan dan kelembutan kulit. Sebanyak 80 persen asal  lemak dalam minyak kelapa merupakan rantai pendek dan sedang, molekul kecil, mudah meresap di sel-sel tubuh. 

Minyak kayu putih padat kandungan minyak esensial untuk  infeksi yang dapat menghambat proses penyembuhan luka. Minyak kayu putih juga penghangat tubuh dan pereda rasa lelah. Cengkeh meredakan keluhan nyeri sendi dan bersifat antiseptik. Daun lada, jahe, kunyit dan bawang mengandung minyak atsiri yang berkhasiat anti kuman dan melancarkan sirkulasi darah.

Kendati bahan dasarnya kita kenal, namun ternyata nggak semudah itu meramu minyak gosok yang khasiatnya serupa minyak tawon. Pemilik PT. Tawon Jaya Makassar, pemroduksi minyak Tawon yakni pasangan Eddy Mattualy dan Yelly Kabopasangan menjelaskan bahwa khasiatnya untuk berbagai macam penyakit itu ada pada sebuah ramuan yang dirahasiakan. Minyak Tawon dibuat dan dipasarkan pertama kali oleh Lie A Liat (kakek dari Eddy Mattualy) tahun 1912 yang mendirikan perusahaan Boo Loeng. 

 Jadi waktu itu namanya bukan Minyak Tawon karena capnya TO Boo Loeng. Perusahaan dilanjutkan anaknya yakni Frans Bani Mattualy di tahun 1977. Tahun 1984, perusahaan obat T. O. Boo Loeng berubah nama menjadi PT. Tawon Jaya Makassar. 

Harga Minyak Tawon di Toko oleh-oleh Makassar: 
  • Minyak Tawon Tutup Merah 330 ml = Rp. 200.000/botol
  • Minyak Tawon Tutup Putih 330 ml = Rp. 425.000/botol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar