Jumat, 03 Februari 2017

Bangsring Underwater, Maha Eloknya Kerajaan Laut Banyuwangi

Bangsring Underwater (biasa pula disebut Bunder) di Pantai Bangsring Banyuwangi sungguh pemandangan mewah buat penggemar wisata bawah laut. Nggak kalah hebat dengan lokasi-lokasi bawah laut yang lain di Indonesia.
wisata dan kuliner banyuwangi
inilah rumah apung di bangsring underwater bunder banyuwangi

board penunjuk cantik bangsring underwater, rumah apung banyuwangi

Memang nama Bangsring Underwater Bunder, Banyuwangi masih belum akrab di telinga kita. Karena memang baru dua tiga tahun tahun ini dipromosikan sebagai tempat wisata bahari. Alamat atau lokasinya di Pantai Bangsring, Banyuwangi, 21 km dari Taman Kota Banyuwangi ke arah Utara.

Saat saya datang ke sana belum lama ini, kejuaraan selam internasional plus lomba foto underwater dilangsungkan di sini. Pantai ini dipenuhi para atlet. Suka sekali saya melihat kegiatan mereka, sejak datang, technical meeting maupun melakukan aktivitas air.

Dulunya, wilayah ini cuma desa nelayan biasa dimana para nelayan setempat nggak jarang pakai bahan kimia berbahaya untuk menangkap ikan hias. Sangat disayangkan karena penyuka underwater sport sebenarnya banyak yang sudah tahu Bangsring sejak dulu dan sangat menyukai tempat ini. Mereka tidak ingin Pantai Bangsring rusak.

Para nelayan pun sesungguhnya tahu, bila Bangsring rusak mereka nggak bisa melaut lagi karena kehabisan ikan-ikan yang bagus. Hingga akhirnya mereka membentuk kelompok nelayan pada tahun 2008. Dari sinilah kesadaran untuk merawat lingkungan laut Bangsring tumbuh pesat. Hingga akhirnya masyarakat setempat memperoleh dana pula dari pemerintah untuk mereklamasi terumbu karang yang rusak. 

Sejak tahun 2014 Bangsring Underwater Bunder dibuka untuk umum dan diarahkan untuk menjadi wilayah konservasi alam. Inisiatif warga ini mendapat sambutan dari pemerintah. Antara lain pemerintah membantu pembangunan Rumah Apung Bangsring.

Rumah Apung Bangsring: Pusat Berbagai Aktivitas Bahari
Rumah apung merupakan ikon utama Pantai Bangsring.Letaknya di tengah laut. Dari bibir Pantai ke rumah apung ini jauhnya hanya 20 meter dan bisa ditempuh dengan perahu atau boat. Harga sewa perahu per kepala adalah Rp 10.000. Ukuran rumah apung ini 27x7 meter dengan bentuk bangunan semi terbuka semacam shelter.
wisata banywangi
pantai bangsring banyuwangi juga ramah bagi anak-anak

Di sini ada 8 keramba berisi ikan hias, lobster dan lain-lain. Kalau mau, kamu juga bisa bercengkrama dengan hiu di sini. Hahhh.... hiu? Iya. Hiu. Tapi anakannya. Nggak usah khawatir, mereka jinak kok. Lagipula ada petugas yang khusus memandu dan menjaga wisatawan. Meskipun jinak, tapi petugas selalu mewanti-wanti agar jangan bikin anakan hiu ini terkejut. Jadi kalau masuk air pelan-pelan saja. Rumah apung ini juga memiliki sarana kano, banana boat dan alat-alat selam maupun snorkling.

Kegiatan selam dan snorkling memang titik start aktivitasnya di rumah apung ini. Dengan menyewa peralatan snorkling kamu bisa melihat keindahan bawah lau Bangsring dari permukaan air. Akan tampak olehmu gugusan terumbu karang warna-warni nan elok, ikan-ikan hias dan berbagai biota laut Benar-benar sebuah kerajaan bawah laut Banyuwangi yang maha elok. 

wisata banyuwangi
berbagai aktivitas bahari ada di pantai bangsring banyuwangi
Kalau kamu bisa menyelam, Bangsringlah lokasi yang recomended. Alangkah surprised melihat alam bawah laut yang jarang kamu saksikan dalam keseharian di darat. Di dalam air kamu disambut ikan-ikan laut yang keren. Banyak dari mereka yang langsung lari dan bersembunyi di terumbu karang dan tanaman-tanaman di sekitarnya, saat kamu datang.
wisata banyuwangi
bermain dengan anak hiu di bangsri underwater bunder banyuwangi (foto: facebook bangsri underwater)

wisata banyuwangi
rumah apung bangsring, titik tolak aneka aktivitas bahari di Pantai Bangsring Banyuwangi (foto: facebook bangsring underwater)
 Aktivitas Lain di sekitar Rumah Apung

  • Memberi makan ikan-ikan di sekitar rumah apung.Ikan-ikan tersebut sangat antisias menerima makanan darimu. Bahkan kamu juga bisa duduk-duduk di teras rumah apung lantas celupkan kakimu di air. Ikan-ikan akan mengerumunimu.
  • Berperahu keliling Pantai Bangsri dengan beberapa orang merupakan kegiatan sangat menyenangkan. Angin laut akan mengajakmu bercanda ria, termasuk burung camar saat sore hari.  Perahu-perahu akan siap mengantarmu dengan biaya terjangkau.
  • Berkano, banana boat atau serwa balon air adalah aktivitas mengasyikkan. Perahu kecil ini akan mengajakmu main ombak kecil di sekitar rumah apung.
  • Menanam Terumbu Karang juga aktivitas yang menyenangkan karena menambah pengetahuan tentang konservasi dan alam bawah laut. Namun untuk aktivitas ini tidak dilakukan setiap hari. Coba hubungi pihak penyelenggara layanan untuk tahu jadwalnya.
Aktivitas di Dekat Bibir Pantai 
  • Berenang-renang di dekat bibir pantai Bangsring sangat mengasyikkan. Ombaknya tidak ganas kok.
  • Bermalas-malas di kursi pantai. Kamu bisa menyewa kursi pantai yang enak dibuat selonjoran dengan tarif 10.000 per jam.
  • Bermain pasir pantai yang putih bersih. Cocok untuk aktivitas keluarga yang membawa anak.
  • Kulineran di sekitar pantai. Di samping makanan, tersedia pula kelapa muda yang bisa diperoleh dengan harga Rp 10.000 per buah. 

Waktu Terbaik Berkunjung:
 Pagi atau sore hari ketika matahari tidak terlalu menyengat.

Lokasi Pantai Bangsring:
Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi

Rute Atau Cara Menuju Pantai Bangsring:
Dari pusat kota Banyuwangi (alun-alun) sejauh 21 km ke utara dengan waktu tempuh kira-kira 40 menit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar