Sabtu, 18 Februari 2017

Taman Abhirama Sidoarjo, Sudah Indah, Gratis Pula

Taman Kota Sidoarjo yang bernama Abhirama ini indah dan enak buat santai. Di bawah pohon-pohonnya yang rindang kita bisa bercengkrama dengan keluarga atau kawan-kawan. Kita juga bisa memberi makan ikan sambil melihat anak-anak berlarian kesana kemari. Inilah taman rekreasi keluarga di Sidoarjo yang memiliki banyak kelebihan.

wisata keluarga sidoarjo
arena permainan anak di taman abhirama sidoarjo
wisata dan kuliner di sidoarjo
kolam ikan di Taman Abhirama Sidoarjo yang teduh dan cocok untuk ngadem.
taman kota untuk anak di sidoarjo

playground anak di sidoarjo
gazebo panjang Taman Abhirama yang berdiri di atas air cocok buat nyantai

Ya. Seperti halnya alun-alun Sidoarjo, Taman Abhirama sangat recomended buat ngadem, nongkrong, dan wisata keluarga. Kalau pengen hunting foto, obyek-obyeknya juga oke.

Sesungguhnya taman ini nggak luas-luas amat. Nggak sampai sehektar dan lokasinya memanjang di pinggir jalan Ponti, Pagerwojo, Sidoarjo. Sangat dekat dengan Stadion Sidoarjo. Tinggal jalan kaki bisa. Kalau dari Alun-alun Sidoarjo sekitar 10 menitan. Nggak jauh juga kan.

Selain asri karena banyak pohon rindangnya, taman ini ditata dengan apik. Bangunan-bangunannya hampir semuanya dibuat sealami mungkin dari kayu. Rumah singgah, gazebo, kantin, bahkan toilet. Ya, toiletnya unik. Tampak luarnya didesain seolah rumah kecil dari kayu. Musala untuk salat juga dibuat ala rumah panggung dari kayu. Cuma di playgroundnya mainan anak macam ayunan, jungkat-jungkit dan lain-lain masih terbuat dari besi dan dicat warna-warni. Tapi nggak masalah. Tetap indah. 

Selain nilai plus dalam hal keasrian dan tata letak maupun desain, Taman Abhirama juga relatif bersih dari sampah. Kalaupun ada sampah, petugas sampah akan langsung memungutnya. Memang, taman ini beberapa tahun lalu didirikan Dinas Kebersihan kabupaten Sidoarjo sebagai paru-paru kota dan tempat rekreasi keluarga. Jadi, masalah kebersihan so pasti sangat diperhatikan.

Cuma masalahnya memang pengunjung sendiri yang seringkali keterlaluan. Buang kemasan bekas snack ataupun bekas minuman nggak di tempat sampah yang disediakan. Paling nggak enak kalau ke sini di atas jam 5 sore pada hari minggu, apalagi sehabis hujan. Duh, sampah berceceran di sana-sini. Yang buang sampah sembarangan mungkin menganggap semua tempat di bumi ini adalah keranjang sampah. Hadehhhhh... Kasihan petugas sampahnya, kan. Puncak kunjungan, sebagaimana lokasi-lokasi santai lainnya, ya hari Sabtu dan Minggu.
 
Anak saya yang berusia 6 tahun sangat menyukai Taman Abhirama. Hampir saban Sabtu, sepulang dari kursus musik, dia minta ke sini untuk bermain. Lokasinya kursusnya memang nggak jauh dari Taman Abhirama. Karena saya juga menyukai lokasi bermain yang alami, tentu saya amini saja. Apalagi harga tiket masuknya gratis. Bayar parkir kendaraan saja. Bisa ngirit dong, emaknya.... hahaha....

Tapi alasannya bukan itu saja. Taman ini sangat ramah anak. Semua anak, termasuk anak saya bisa bebas bermain dan berlarian di bawah pohon rindang. Seringkali anak saya juga menemukan kawan-kawan baru di sini yang ingin bermain bersama. Jelas kegiatan bermain di lahan yang relatif luas sangat baik untuk perkembangan psikomotorik mereka. 

Kalau bosan berlarian dan bermain di lokasi permainan, anak saya minta dibelikan makanan untuk ikan. Dia akan duduk di bibir kolam ikan atau di gazebo dan memberi makan ikan. Warung-warung di taman ini juga menyediakan pakan ikan berupa remah-remah roti. Cukup murah. Hanya Rp. 2000.

 Taman Abhirama nggak cuma berisi playground buat anak-anak, namun juga memenuhi unsur sebagai taman elok bagi semua kalangan. Buat orangtua, di sisi utara atau dekat pintu masuk, ada lintasan jalan yang berisi batu-batu yang bisa dimanfaatkan untuk terapu memperlancar peredaran darah.

Gazebo bagian belakang yang dibikin memanjang merupakan tempat favorit keluarga kami untuk sekadar menikmati jajanan atau minuman yang dijual di dalam taman. Kadang-kadang saya juga mbontot kudapan dari rumah untuk dimakan di situ.

Para pelajar dan mahasiswa juga memanfaatkan taman ini untuk berdiskusi atau mengerjakan tugas-tugas sekolah. Komunitas-komunitas tertentu juga sering menggelar acara di sini. Tentu dengan seizin pengelola.

Pendeknya, taman ini cocok untuk semua kalangan, kecuali mereka yang niatnya pacaran. Karena ada tanda larangan dilarang berpacaran di taman ini. 😂😂

Rute Taman Abhirama dari Alun-alun Sidoarjo:




playground di sidoarjo
salah satu arena playground di Taman Abhirama
taman kota alami di sidoarjo
pelajar pun suka mengerjakan tugas di taman abhirama sidoarjo
taman bermain anak di kota sidoarjo
salah satu sudut arena permainan di taman abhirama sidoarjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar