Kamis, 16 Desember 2021

Kalanganyar Sidoarjo, Surganya Pemancing


Moment yang asyik saat mancing adalah ketika kamu dapat ikan .  Nggak percaya? Simak pengalaman kami. Nggak cuma aku, suami dan anak suka mancing. Bahkan ibuku yang berusia 84 tahun pun antusias di pemancingan Kalanganyar. Mancing yang disukai ya Kalanganyar. 

Kalanganyar itu desa yang luas wilayahnya saja 2/3 terdiri dari tambak dan masuk di Kecamatan Sedati, Sidoarjo. Desa ini sebagai penghasilkan komoditas bandeng, udang windu dan terasi, kerupuk & olahan ikan bandeng.

Tambak-tambak di sini sebagian besar isinya bandeng. Tapi nggak tertutup kemungkinan kolam pemancingan menebar bibit-bibit ikan lain. Bandeng sini enak rasanya. Nggak rasa tanah. Kalau dinikmati empuk dan terasa kesegaran ikannya. 

Kalau belum pernah ke sini dan pengen mancing kamu pasti bingung mau pilih kolam pemancingan yang mana. Masalahnya banyak betul kolam pemancingannya. Milih yang model apa saja ada. Mulai model tambak yang sederhana sampai model resto, ada. Yang pengen mancing duduk di bagasi modil masing-masing, juga ada. Harganya juga enggak menguras dompet. Hampir flat untuk semua tambak. Dan pancing serta paletnya, kamu bisa sewa di sini. KIsaran harganya 5-10 ribu. Itu bukan pancing kayu. Pancingnya modern semua. 

Dulu kami sekeluarga nggak hobi mancing. Kalaupun ke kolam pemancingan, pastilah karena agenda lain.Misalnya agenda sekolah anak. Tapi tibalah saat sekeluarga lagi gabut di hari libur, Kami pun jalan-jalan sampai di daerah tambak di Kalanganyar Sidoarjo.

Musim panas, udara sedang cerah-cerahnya sehabis ashar. Kami disambut angin tambak yang segar di sore hari. Kiri kanan kami tambak sangat luas. Beberapa tambak tak berair. Mungkin baru dikuras karena masih basah. Ratusan burung bangau terbang rendah mencari makan di situ. Benar-benar pemandangan luar biasa. 
 
Di kios-kios sekitar tambak dijual aneka hasil laut termasuk yang olahan seperti terasi dan kerupuk. Kepiting-kepiting siap jual ingin rasanya kami borong semua. hahaha... Tambak-tambak di Kalanganyar dan Cemandi, baik yang di pinggir jalan maupun yang ada di dalam umumnya  dimanfaatkan sebagai kolam pancing. Baandeng adalah ikan yang umum di tambak-tambak ini. Tapi jenis ikan lain pun ada. Misalnya mujaer dan nila.Di sekitar tambak-tambak ini juga banyak warung-warung ikan bakar lengkap dengan jasa cabut durinya.  

Kolam-kolam pancing di Kalanganyer ramai pada Sabtu dan Minggu. Kami pernah memancing pada Jumat sekitar asar. kami cuma bertemankan beberapa pemancing di area berhektar-hektar. Banyak juga kolam pancing yang libur di hari Jumat.Tapi kalau Sabtu Minggu, wah... banyaaak betul yang mancing. Namun yang membahagiakan, kolam-kolam pancing yang sangat luas akan bisa menampung para mancing mania, dalam jumlah besar. 

Dijamin Dapat Ikan

Ikan-ikan yang cukup banyak di tambak tidak menyulitkan pemancing untuk mendapat ikan. Nggak usah para pemancing dewasa, yang anak-anak pun senang karena mereka memiliki pengalaman mancing dan mendapat ikan. Karena ikan yang ditebar banyak banget.

Pemandangan yang paling kusukai adalah, setiap sore, saat kolam pemancingan jelang tutup, satu jam sebelumnya pemilik atau petugas kolam pancing memberi makan ikan dengan makanan berember-ember dari satu tempat ke tempat lain dalam areal tambaknya. Ikan-ikan yang muncul di permukaan berpadu dengan sinar sang surya sore hari sungguh indah dilihat. 

Setelah puas mancing, ikan-ikan yang kamu dapat akan ditimbang. Kalau bandeng per kg ada di kisaran harga 35-40 ribuan. Ikan-ikan tersebut bisa langsung kamu bawa pulang ataupun dicabutkan durinya, Ada jasa pencabutan duri bandeng, per ikan sekitaran Rp 3000-4000. Kalau hasil pancingan  ingin dinikmati di Kalanganyer pun bisa. Kolam-kolam pancing hampir semuanya meyediakan jasa untuk itu.Kita tinggal tahu matang dan kita santapbersama nasi dan sambal yang lezat. Kita makan sambil menikmati sejuknya angin tambak di sore hari.

Untuk perkiraan, inilah biaya yang dikeluarkan bila ingin rekreasi di kolam pancing Kalanganyar. 

1. Biaya sewa pancing plus pakan ikan Rp 10.000

2. Biaya Cabut duri per bandeng: Rp 3.000 (biasanya kami mencabutkan duri 4 bandeng untuk dinikmati di sana, sisanya dibawa pulang), total Rp 12.000

3. Biaya bakar bandeng plus nasi, sambal, minum untuk 3 orang kurleb  Rp 100.000

Dapat banyaaak
Eyang pun senang di Kalanganyar

1 kg bandeng Rp 35.000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar